Pengangguran Meningkat di Kondisi Pandemi Covid-19, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kediri Gelar Job Fair Mini

133

Kediri – Akibat dari pendemi Covid 19, yang berdampak meningkatnya pengangguran. Pemkab Kediri membuka job fair mini secara online. Hal tersebut sebagai langkah guna menekan angka pengangguran di Kabupaten Kediri yang meningkat. Upaya dalam menekan angka, pengangguran, di tengah masa pandemi Covid-19. Pemerintah kabupaten kediri, melalui dinas tenaga kerja, menggelar job fair mini tahun 2021.

Job fair mini terlaksana secara online atau daring, karena masih dalam kondisi pandemi Covid 19, guna menghindari kerumunan massa. Secara langsung, Wakil Bupati Kediri Dewi Maria Ulfa membuka job fair mini tahun 2021 yang terlaksana di pendopo Kabupaten Kediri Panjalu Jayati.

Dalam job fair mini online, dinas tenaga kerja Kabupaten Kediri menggandeng 47 perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Agenda ini mulai tanggal 27 Oktober hingga satu bulan ke depan. Bagi para pelamar kerja bisa mendaftar secara online melalui website di www.kedirikab-jobfair.online.

Penyelenggara berharap masyarakat pencari kerja di Kabupaten Kediri bisa lulus seleksi, memenuhi kualifikasi.

Sementara itu, kabid transmigrasi, dan penempatan tenaga kerja, dinas ketenagakerjaan, mengatakan, dengan kegiatan job fair mini  dapat memberikan ruang bagi para pencari kerja, masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19,berdampak pada perekonomiannya menurun.

Akibat kondisi pandemi Covid-19, di tahun 2020, di Kabupaten Kediri ada sekitar 46.000 orang menganggur. Angka pengangguran ini, mengalami kenaikan menjadi 5,24 persen jiwa, dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan ditahun 2019 pengangguran di Kabupaten Kediri sebanyak 3,68 persen jiwa. (me)