Mudik Lebaran 2022 Angka Kecelakaan Turun Drastis

51
Sumber : Hasil tangkapan layar video team liputan MaduTV Nusantara

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyebut angka kecelakaan saat mudik lebaran 2022 menurun drastis dibandingkan dengan masa serupa pada 2019.

Dia menyebut angka kecelakaan hingga menyebabkan korban pada mudik lebaran 2022 turun 56 persen. Meski begitu, Muhadjir mencatat satu kecelakaan di Wahana Wisata Kenjeran Park (Kenpark) Surabaya.

Dilaporkan dari kecelakaan di Kenjeran Park, ada sejumlah orang korban. Satu anak mengalami gegar otak, tiga korban mengalami patah tulang pada bagian tangan dan kaki. Sedangkan lima orang lain menderita luka ringan dan syok karena terjatuh dari ketinggian sekitar 10 meter.

Jasa Marga mencatat 1,7 juta kendaraan keluar Jabodetabek sejak H-10 hingga H-1 lebaran 2022. Angka itu, baik 9,5 persen dibandingkan dengan saat masa mudik sebelum pandemi tahun 2019.

Hal itu sekaligus memecahkan rekor lalu lintas tertinggi sepanjang sejarah mudik. Secara keseluruhan dari berbagai wilayah Indonesia, menurut survei data Balitbang Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik 2022 diprediksi mencapai 85,5 juta orang.(red)