Moeldoko Sebut Budaya Guyup Rukun Jadi Kunci Keberhasilan Kota Blitar Dalam Menangani Covid-19

93

Blitar –  Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut budaya guyub rukun ,merupakan salah satu kunci berhasil kota Blitar dalam penanganan Covid-19. Hal tersebut karena seluruh warga masyarakat Kota Blitar mampu bekerjasama dan bergotong royong untuk meyelesaikan suatu permasalahan, salah satunya Covid-19 .

“Selain budaya guyup rukun, Kota Blitar juga memiliki berbagai strategi yang sangat jitu dan efektif sehingga semua berjalan lancar. Sikap warga masyarakat yang sangat guyup dan mudah bekerjasama membuat segala macam permasalahan cepat terselesaikan,” ujar Moeldoko saat menghadiri forum diskusi bincang rakyat di Kota Blitar, Kamis (11/11/2021).

Moeldoko juga menambahkan, dengan spesifikasi dan kearifan lokal yang ada, membuat kota Blitar telah menjadi role mode. Ia berharap Blitar mampu menjadi contoh bagi daerah lain.

“Meski masing-masing daerah mempunyai spesifikasi dan local wisdom sendiri-sendiri, namun Kota Blitar bisa menjadi rujukan untuk daerah lain,” jelasnya.

Sebelumnya Wakil Wali Kota Blitar Tjujuk Sunario memaparkan soal penanganan Covid-19 di wilayahnya. Berlanjut dengan pemaparan dari Wali Kota Blitar Santoso melalui sambungan teleconference.

Forum diskusi bincang rakyat di Kota Blitar kali ini juga dihadiri oleh Sekda Provinsi Jawa Timur Heru Cahyono. Ada pula puluhan peserta yang hadir secara daring dan luring.

Kunjungan Moeldoko ke Kota Blitar kali ini dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat. Selanjutnya  aspirasi tersebut akan ia sampaikan ke pusat. (sk)