Lupa Matikan Kipas Angin, Gedung Sekolah SMPN 8 Makassar Terbakar

Makassar, 31 Oktober 2023 – Malam Senin menjadi saat yang mengguncang bagi SMPN 8 Makassar ketika sebuah kebakaran melanda gedung sekolah mereka di Kelurahan Batua, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Namun, di balik tragedi ini, semangat dan tekad untuk tetap belajar tetap menyala.

Menurut keterangan dari Muhyiddin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, kebakaran yang terjadi pada pukul 21:10 WITA diduga disebabkan oleh korsleting listrik. Kejadian ini berawal saat PLN melakukan pemadaman listrik sekitar pukul 11.00 siang. Sayangnya, saat jam sekolah berakhir sebelum listrik kembali menyala, sebuah kipas angin terlupakan dan menjadi penyebab kebakaran.

Tanggap dan sigap, relawan Damkar Kota Makassar segera turun tangan. Sebanyak 20 unit armada dan puluhan anggota Damkar dikerahkan untuk memadamkan api yang berkobar hebat. Berkat upaya mereka, api berhasil dipadamkan setelah 20 menit, mencegah kerusakan yang lebih besar.

Meskipun ruang guru, ruang rapat, sound sistem, meja, kursi, dan beberapa lemari mengalami kerusakan akibat kebakaran, semangat sekolah tidak pernah padam. Proses belajar mengajar tetap berlanjut, meskipun dengan cara yang berbeda.

Dalam situasi darurat ini, para siswa dan guru SMPN 8 Makassar bergerak cepat untuk menyesuaikan diri. Mereka melakukan pembelajaran jarak jauh melalui internet selama 1 hari pada Selasa, 31 Oktober 2023. Ini adalah bukti nyata ketangguhan dan semangat belajar yang tidak kenal lelah.

Kepala sekolah, Bapak Muhyiddin, menyatakan, “Kami bersyukur bahwa tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Meskipun kami mengalami cobaan berat, kami tetap optimis dan komitmen untuk terus memberikan pendidikan berkualitas kepada siswa kami. Kami percaya, bersama-sama, kita akan melewati masa sulit ini.”

Kita semua berharap agar SMPN 8 Makassar segera pulih dan bangkit dari kebakaran ini. Semoga semangat belajar dan kerja sama yang telah terjalin di antara siswa, guru, dan masyarakat dapat menginspirasi kita semua dalam menghadapi cobaan hidup. Selamat berjuang, SMPN 8 Makassar!