Kota Blitar Catat 2 Kasus Positif Covid-19

24
Sumber : Foto Suko Ramadhan Jurnalis MaduTV

Blitar – Dua kasus positif Covid-19 aktif ditemukan di Kota Blitar. Hal ini diungkap Wali Kota Blitar, Santoso saat ditanya perkembangan kasus Covid-19 di Kota Proklamator tersebut.

Adanya dua kasus covid-19 aktif ini menjadi perhatian pemerintah daerah setempat. Pasalnya, Kota Blitar telah tercatat sebagai zona hijau selama dua pekan dan lebih dari tiga bulan tanpa kasus aktif.

Santoso menegaskan, adanya dua kasus covid-19 aktif pihaknya meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Apalagi saat ini di Indonesia sudah ada transmisi lokal Covid-19 varian Omicron.

“Kita perlu waspadai perkembangannya karena ada dua kasus aktif di Kota Blitar. Protokol kesehatan  harus kita tegakkan terus. Karena sekarang kan Omicron sudah ada penularan lokal tidak hanya dari mereka yang baru pulang dari luar negeri,” ujar Santoso, Senin (31/1/2022).

Sementara soal status zona hijau, Santoso mengaku dengan adanya dua kasus aktif ini nantinya akan dilaporkan ke Kementerian Kesehatan. Kemudian akan dilakukan evaluasi dengan melihat sejumlah indikator sebagai dasar.

“Nanti kita tunggu evaluasi dari Kemenkes,” imbuhnya.

Untuk diketahui, data hingga Minggu, (30/1/2022) akumulasi kasus konfirmasi Covid-19 di Kota Blitar sebanyak 7.008 dengan kasus kematian sebanyak 268 kasus.

Terbaru, seorang pelajar terkonfirmasi positif Covid-19 saat pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen diberlakukan di Kota Blitar. (sk)