JELANG NATARU, BPOM DAN PETUGAS GABUNGAN SIDAK MAKANAN DAN MINUMAN, TEMUKAN PULUHAN MAKANAN TANPA LABEL

72

KEDIRI – Menjelang natal dan tahun baru, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) beserta petugas gabungan Kabupaten Kediri menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah minimarket di Kabupaten Kediri, Jumat (16/12/2022) siang.

Salah satunya di Marwah Mart yang berada di Adan-Adan, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. BPOM dan juga petugas gabungan langsung masuk ke minimarket dan memeriksa makanan dan minuman (mamin) yang dipajang di etalase minimarket.

Hasilnya, petugas menemukan beberapa jenis mamin yang tidak dilengkapi label halal, tanda expired, serta jenis mamin. Setelah didata, petugas kemudian menyita mamin tersebut dan meminta kepada pihak minimarket agar tidak memajang di etalase untuk dijual.

Sementara, pihak minimarket mengaku mamin yang tidak dilengkapi tanda expired-nya memang hasil kemasan pihak minimarket sendiri. Pihak minimarket membeli dan kemudian mengemasnya ulang. Untuk mamin tersebut akan ditarik dan tidak dijual sampai ada ijinnya.

Rencananya, sidak seperti ini akan terus dilakukan BPOM dan petugas gabungan menjelang natal dan tahun baru guna memastikan makanan dan minuman yang dijual aman untuk dikonsumsi.