Ikut Aksi Demo Ricuh di Polda Jabar, 148 Anggota LSM GMBI Warga Jateng Diamankan Polda Jateng

89

Semarang – Polda Jateng kedatangan 148 anggota LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia yang sebelumnya ikut aksi unjuk rasa yang berujung keributan di Polda Jabar, Jumat (28,1,2022) sekira pukul 11.30 WIB. Mereka  dibariskan di depan halaman kantor Ditreskrimum Polda Jateng.

Dari 148 anggota GMBI itu berasal dari 10 daerah di Jateng meliputi Cilacap 20 orang, Purbalingga 46, Banyumas 1 orang dan Kebumen 3 orang, Tegal 7 orang, Brebes 12 orang, Pekalongan 24 orang, Pemalang 5 orang, Banjarnegara 6 orang, Kendal 4 orang, Pati 1 orang dan Rembang 19 orang.

Terdapat anggota perempuan berasal dari Brebes 1 orang sisanya dari Rembang. Ada 2 daerah yang disertakan rombongan Jateng yaitu dari daerah Kuningan 17 orang dan Majalengka sebanyak 3 orang.

Mereka didata oleh polisi meliputi data diri seperti sidik jari foto dan identitas lainnya. Usai didata mereka dikembalikan ke daerah asal masing-masing.

Dalam pemanggilan ini Kapolda Jateng Irjen Lutfi, menjelaskan, terkait cara-cara menyampaikan pendapat di muka umum, namun cara-cara itu tidak absolut atau final.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti menghormati kebebasan hak orang lain, menghormati etika dan moral di masyarakat umum seperti menghujat, memaki-maki dan menaati peraturan perundang-perundangan yang berlaku dengan melaporkan aksi demonstrasi ke pihak kepolisian.

Hal ini juga dilakukan sebagai peringatan bagi ormas lain di Jateng agar tidak melanggar hukum. Tidak boleh ada ormas yang berdiri di atas negara artinya ormas harus taat hukum dan tidak boleh kegiatan tindakan kepolisian. (red)