Connect with us

Ragam

Gatut Sunu Terpilih Sebagai Wabup Tulungagung Hingga 2023

Diterbitkan

pada

Panitia seleksi memeriksa surat suara yang telah dicoblos dan menghitungnya memasukkan surat suara yang telah dicoblos ke kotak suara Pemilihan Wakil Bupati Tulungagung di DPRD Tulungagung, Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu (18/9/2021). (Antara/Destyan Sujarwoko)

Tulungagung – Pengusaha Gatut Sunu Wibowo yang diusung PDI Perjuangan dalam bursa Pemilihan Wakil Bupati Tulungagung akhirnya terpilih. Ia terpilih sebagai Wakil Bupati Tulungagung di sisa masa jabatan 2018-2023.

Keputusan itu telah menjadi ketetapan DPRD Tulungagung, Jawa Timur dalam forum rapat paripurna. Rapat paripurna tersebut berisi agenda pemilihan Wakil Bupati Tulungagung periode 2018-2023.

“Hari ini sesuai hasil pemungutan suara, calon nomor urut 1 Gatut Sunu Wibowo mendapat 34 suara. Sedangkan calon nomor urut 2. Panhis Yody Wirawan, rekomendasi Partai Nasdem, memperoleh 15 suara,” terang Ketua Panitia Khusus Pemilihan DPRD Tulungagung, Suprapto. Suprapto merupakan pembaca berita acara penetapan yang telah tertandatangani seluruh fraksi.

Pemungutan suara itu ada 49 suara dari 50 anggota DPRD Tulungagung. Satu anggota atas nama Supriyono dari PDIP tidak bisa ikut dan menyalurkan hak suara karena terjerat kasus hukum yang KPK tangani.

Ketua DPD Partai Nasdem Ahmad Jadi (kiri) bersama Calon Wakil Bupati Tulungagung, Panhis Yodi Wirawan, memberi keterangan pers terkait keputusannya untuk “walk out” dari ruang sidang paripurna dengan agenda pemilihan Wakil Bupati Tulungagung di DPRD Tulungagung, Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu (18/9/2021). Dok: Destyan Sujarwoko.

Dinamika pemungutan diwarnai interupsi dari sebagian fraksi yang menginginkan pencoblosan bisa diwakilkan ketua fraksi atau perwakilan yang tertunjuk.

Ada lima fraksi/partai yang melontarkan interupsi, sehingga forum sidang lebih banyak terkendali oleh salah satu kubu pendukung nomor urut 1.

Selain PDIP, parpol atau fraksi yang menyampaikan interupsi dan meminta pencoblosan perwakilan untuk calon nomor urut 1 adalah Partai Demokrat, PKS, Golkar, dan Gerindra

“Kami dari fraksi PDIP secara tegas kami mencoblos Bapak Gatut Sunu. Untuk itu kami mewakilkan kepada ketua panlih, untuk mencobloskan,” kata Ketua Fraksi PDIP Susilowati.

Pemilihan wakil bupati ini sempat beriring dengan aksi “walk out” dari kubu Panhis Yody Wirawan. Kendati begitu, proses pemilihan tetap berlangsung. (Antara/dhs)

Continue Reading
Advertisement

Jawa Timur

Malang Lahirkan 2000 Petani Milenial

Diterbitkan

pada

Jatim – Kabupaten Malang menjadi salah satu dari 4 kabupaten di Jawa Timur yang menerima program pemerintah YESS (Youth Enterpreneurship and Employment Support Services). Targetnya hadir 2000 petani milenial dari Kota Apel ini.

Program YESS menjadi bagian upaya pemerintah melalui Kementrian Pertanian bekerjasama dengan IFAD (International Fund for Agricultural Development). Tim tersebut mempunyai cita-cita untuk menciptakan wirausahawan muda yang milennial tangguh, mandiri dan berkualitas. Awal Oktober 2021 ini, pekik semangat dan kiprah petani milenial mulai terasa di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Program YESS di kabupaten Malang ini berkolaborasi dengan Dinas Tanaman Pangan hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) beserta dinas terkait untuk dapat menyukseskan harapan mulia ini.

Komando oleh Dr Budiar M.Si selaku kepala dinas, maka sudah siap beberapa trainer untuk melatih generasi muda ini. Trainer trainer ini berasal dari lembaga yang berkompeten. Mereke memberikan materi materi.

Adapun jumlah petani muda yang terlatih pada tahun 2021 ini khusus di Kabupaten Malang hampir berjumlah 2000 orang. Terbagi dalam beberapa tahap kegiatan program. Program ini mempunyai jadwal yang tersusun dengan baik. Tiap jadwal mempunyai modul materi yang tersampaikan agar generasi muda mempunyai wawasan dan pengetahuan tentang wirausahawan muda. Nantinya sebagai job creator dan job seeker baik untuk pribadi ataupun untuk orang lain.

15 BDSP terdiri dari BPP (Balai Penyuluhan Pertanian), P4S (Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya), BLK (Balai Latihan Kerja), PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu). Kemudian lembaga pelatihan lainnya yang dinas atau instansi miliki terkait lainnya.

PLUT kabupaten Malang sendiri yang dipimpin Fakhrudin Ali Ahmad terpilih menjadi lokasi. Hal tersebut karena PLUT sendiri merupakan sentra UMKM yang mempunyai 5 unit kegiatan yang bersentuhan langsung dengan UMKM yang ada di kabupaten Malang. (jal)

Continue Reading

MaduTV on Facebook

 

TV DIGITAL MADU TV

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

Trending

%d blogger menyukai ini: