Futa Jabar Gelar Aksi Ummat Bela Palestina di Depan Gedung Sate Bandung

130

Bandung – Hari ini, ratusan kelompok Muslim yang tergabung dalam Forum Ulama, Tokoh, dan Advokat Jawa Barat (FUTA Jabar) berkumpul di depan Gedung Sate, Kota Bandung, dalam sebuah aksi damai yang memperlihatkan solidaritas kuat terhadap rakyat Palestina yang saat ini tengah mengalami konflik dengan Israel.

Meskipun lalu lintas di Jalan Diponegoro depan Gedung Sate terlihat padat, polisi tidak melakukan penutupan jalan, mengizinkan massa untuk bergerak di sebagian sisi jalan. Hal ini adalah contoh bagaimana pemerintah dan aparat kepolisian memberikan dukungan terhadap hak warga untuk menyuarakan pandangan mereka secara damai.

Aksi damai ini menjadi simbol dari solidaritas kelompok Muslimin Jawa Barat terhadap Palestina yang tengah menghadapi krisis kemanusiaan. Selama lima hari terakhir, konflik tersebut telah menelan korban jiwa sekitar 2.300 orang dan melukai sekitar 8.900 lainnya, dari kedua belah pihak.

Koordinator FUTA Jabar, Hakim Abdurrahman, menyatakan bahwa aksi ini bukan hanya sekadar bentuk bantuan, tetapi juga peringatan tegas terhadap penjajahan dan kekerasan yang tengah terjadi di Palestina. Ia menekankan bahwa warga negara Indonesia, terutama kelompok Muslimin, selalu menentang penjajahan di mana pun itu terjadi. Massa aksi hari ini juga menyatakan kesiapannya untuk berjuang demi perdamaian, dalam semangat jihad.

Dalam kesempatan ini, Abdurrahman juga meminta pemerintah Indonesia untuk mengambil tindakan tegas, termasuk pemutusan hubungan diplomatik dengan Israel dan mengirimkan bantuan serta dukungan militer ke Palestina. Indonesia, sebagai negara dengan jumlah Muslim terbesar di dunia, diharapkan berada di garda terdepan dalam memperjuangkan perdamaian di kawasan tersebut.

Hakim Abdurrahman menegaskan bahwa aksi damai bela Palestina akan terus digelorakan, dengan harapan suara perdamaian akan terdengar jauh dan lebar, serta rakyat Palestina dapat hidup dalam damai dan keadilan. Solidaritas yang ditunjukkan oleh FUTA Jabar dan kelompok Muslimin lainnya di Indonesia adalah bukti nyata bahwa kita bersama-sama berdiri di sisi yang benar, yaitu sisi perdamaian dan keadilan. Semoga aksi ini menjadi langkah awal menuju penyelesaian yang adil dan berkelanjutan bagi konflik di Palestina.