BUPATI TULUNGAGUNG BUKA PROGRAM TNI MANUNGGAL MEMBANGUN DESA KE-115 TA 2022

TULUNGAGUNG – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 TA 2022 di Desa Gondanggunung, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, secara resmi telah dibuka oleh Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo dengan diawali pelaksanaan upacara yang bertempat di lapangan desa setempat, Selasa (11,10,2022).

Bupati mengatakan, jika kehadiran TMMD merupakan wujud pengejawantahan kemanunggalan TNI dan masyarakat yang menjadi satu kekuatan dan pondasi yang luar biasa untuk memajukan desa, memajukan potensi dan kearifan lokal serta untuk mengatasi berbagai permasalahan di masyarakat.

Hal ini sesuai dengan program pemerintah yang saat ini focus melaksanakan percepatan pemulihan ekonomi untuk bangkit dari ekonomi syok akibat pandemi COVID-19.

Akibat pandemi COVID-19, tingkat kemiskinan di Tulungagung tahun 2021 meningkat dibanding dengan tahun 2020, dari sebesar 7,33 persen menjadi 7,51 persen dengan kantong kemiskinan di daerah pedesaan.

Yang mana, disisi lain ekonomi belum sepenuhnya pulih setelah sempat terkontraksi pada angka minus 3,09 persen dan saat ini sudah mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 3,6 persen.

Selain pemulihan ekonomi, saat ini permasalahan stunting, ketahanan pangan dan penghapusan kemiskinan ekstrem menjadi isu strategis terdepan yang harus ditangkap dengan berbagai program yang terintegrasi, baik sisi kesehatan lingkungan ketahanan pangan maupun infrastruktur dasar.

Kegiatan TMMD semata bukan kegiatan fisik saja yakni berupa pembangunan rabat jalan, Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), rehabilitasi masjid, pembangunan jamban keluarga dan MCK tetapi bisa lebih dari itu, yakni membangun semangat kemandirian untuk mengelola potensi yang ada serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan penyuluhan dan sosial.

Lebih lanjut bupati yakin, bahwa program TMMD ini akan memberikan kontribusi besar bagi pembangunan di desa Gondanggunung, terutama untuk akses pendidikan, kesehatan, perekonomian warga.

Dalam kesempatan tersebut bupati juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI yang telah melaksanakan program TMMD di Desa Gondanggunung.

Tidak ketinggalan bupati juga menyampaikan adanya anomali musim beberapa hari terakhir ini telah mengakibatkan kerusakan infrastruktur dan lingkungan yang cukup berat di Wilayah Tulungagung bagian selatan yang menjadi daerah magnet wisata.

Untuk itu bersamaan dengan program TMMD ini bupati juga berharap kegiatan TMMD dapat dilaksanakan di Wilayah Tulungagung Selatan tersebut.