Berdayakan Perempuan dan Anak, Kang Marhaen Resmikan Rumah Sapa Candirejo

Berdayakan Perempuan dan Anak, Kang Marhaen Resmikan Rumah Sapa Candirejo

Nganjuk- Dalam rangka pencegahan serta perlindungan kekerasan terhadap perempuan dan anak, Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi resmikan rumah sahabat perempuan dan anak candi lor, di Desa Candirejo Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk.

Acara pembukaan rumah ini dihadiri olehPlt Bupati Nganjuk bersama Wakil Ketua 1 TP PKK Kabupaten Nganjuk, beberapa anggota DPRD Kabupaten Nganjuk , perwakilan kepala Dinas P3A Provinsi Jawa Timur, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Nganjuk, Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Nganjuk, Camat Loceret, Camat Rejoso, Camat Sawahan, Kepala Desa Candirejo beserta perangkat dan lembaga desa, Ketua TP PKK Desa Candirejo serta mentor sapa mama dari beberapa kecamatan.

Marhaen Djumadi bersama Ibu Yuni Marhaen disambut sangat meriah dengan beberapa penampilan seni kebudayaan, bazar hasil kreatif yang di tampilkan oleh beberapa siswa, anggota perguruan silat, serta warga Desa Candirejo.

Tak hanya itu, Marhaen Djumadi bersama Yuni Marhaen, juga turut bersenam bersama warga desa, kemudian menilai dan memilih pemenang lomba mewarnai dari karya kalangan anak kelompok bermain dan anak anak TK.

Rumah sahabat perempuan dan anak atau bisa disebut dengan Rumah Sapa yang dijadikan sekolah perempuan dan anak serta masyarakat marjinal tersebut merupakan amanah dan pilihan dari Dinas Sosial P3A. Rumah Sapa yang dinilai representatif ini merupakan bekas kediaman Almarhum Bapak Harjo Suparto beserta Ibu Asrinah yang dipinjamkan serta dimanfatkan untuk fasilitas Desa Candirejo, khususnya teruntuk Rumah Sapa tersebut.

Di Nganjuk  sendiri, sudah terdapat 6 desa yang memiliki program Rumah Sapa yang bertujuan mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak serta mengembangkan desa ramah perempuan dan anak.

Menurut Kepala Desa Candirejo Ronny Giat Brahmanto, dari rumah sapa ini pemerintah desa berusaha untuk terus berperan aktif untuk pemberdayaan serta menekan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Dari acara launching rumah sapa tersebut, tak hanya dimeriahkan oleh kalangan muda. pasalnya, para lansia Desa Candirejo ikut inisiatif menampilkan fashion show bermacam macam tema yang kemudian dilanjutkan dengan acara pemotongan pita serta peninjauan langsung oleh Marhaen Djumadi bersama Yuni Marhaen.Rumah Sapa ini berisi berbagai budaya tradisional seperti melukis batik, permainan dakon, musik gamelan, serta minuman herbal.(sh)