Alat Berat dan Anjing Pelacak Dikerahkan Untuk Pencarian Korban Hilang Bencana Alam di Humbahas

59
Tim penyelamat mengkerahkan sejumlah alat berat untuk mencari korban

HUMBAHAS – Tim penyelamat terus berjuang keras untuk mencari korban di tengah bencana yang menimpa Kabupaten Humbang Hasundutan. Sejumlah alat berat, termasuk dua unit excavator, satu unit loader, satu unit backhoe loader, dan alat berat breaker untuk memecah batu ukuran besar, telah dikerahkan ke lokasi bencana. Tidak hanya itu, sejumlah anjing pelacak juga turut membantu mempercepat proses pencarian.

Melalui siaran pers yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan, sekitar 100 personil Polri, 90 personil TNI, dan 4 orang dari Basarnas Pos Parapat bersatu padu dalam upaya penyelamatan. Semua aparaturnya, termasuk OPD terkait penanggulangan bencana, telah berada di lapangan untuk memberikan bantuan dan koordinasi.

Sebelum melakukan penyelidikan lebih lanjut, diperkirakan bahwa bencana ini disebabkan oleh likuifaksi tanah. Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, bersama Kapolres Humbang Hasundutan, Hary A, dan Dandim Tu 0210, Saiful Rizal, dengan sigap mengkoordinir pelaksanaan normalisasi di lapangan.

Pentingnya keselamatan warga menjadi perhatian utama, dan untuk para korban yang selamat, pemerintah setempat telah menyiapkan tempat penampungan sementara. Mereka akan mendapatkan kebutuhan dasar seperti makanan dan sandang, menunggu proses normalisasi dan rehabilitasi selesai dilaksanakan.

Posko pengungsian telah ditetapkan di dua lokasi, yaitu Posko 1 di Kantor Camat Bakti Raja dengan kapasitas untuk menampung 80 orang, dan Posko 2 di Gedung Serbaguna HKBP Simanullang Sinambela dengan kapasitas untuk menampung 60 orang.

Upaya mitigasi juga akan segera dilakukan untuk mencegah terjadinya bencana serupa di masa mendatang. Masyarakat diminta untuk tetap tenang dan tidak bergerak secara berlebihan menuju lokasi bencana, sehingga proses normalisasi di lapangan dapat berjalan dengan lancar. Solidaritas dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat sangat diharapkan dalam menghadapi cobaan ini. Semoga, dengan kerjasama semua pihak, Kabupaten Humbang Hasundutan dapat pulih dan bangkit lebih kuat dari sebelumnya.