Aksi Sejuta Buruh (AASB) Demo Mendesak Pemerintah Mencabut Omnibus Law

219

Jakarta – Suara solidaritas dan perjuangan untuk masa depan yang lebih baik bergema di seluruh Indonesia, ketika Gerakan Buruh Bersama Rakyat (GEBRAK) bersiap untuk melancarkan demonstrasi besar-besaran. Dalam aksi yang melibatkan mahasiswa dan massa buruh dari berbagai daerah, GEBRAK bertekad untuk membawa aspirasi rakyat ke jalan dan memperjuangkan hak-hak mendasar.

Panglima Aksi, Akbar Ultra Damai, dengan penuh keyakinan menyatakan bahwa target besar akan tercapai. “Massa sejuta orang akan bersama-sama mewujudkan perubahan positif yang kita inginkan. Kami memahami pentingnya momentum ini, dan bersatu dalam semangat kebersamaan menuju aksi damai yang berdampak nyata,” kata Akbar.

Aksi ini diawali sebagai tanggapan terhadap pengesahan Omnibus Law UU No. 6 Tahun 2023 tentang Cipta Kerja (CIPTAKER), yang telah memicu berbagai perubahan struktural di berbagai lapisan masyarakat. Salah satu dampak nyata adalah peningkatan biaya pendidikan di seluruh kampus Indonesia, dikenal sebagai Uang Kuliah Tunggal (UKT). Pasal 65 dalam UU CIPTAKER menjadi sorotan utama, dan massa GEBRAK memandangnya sebagai langkah yang mempengaruhi akses pendidikan bagi generasi muda.

Selain menuntut pencabutan pasal-pasal kontroversial dalam UU CIPTAKER, massa juga menyerukan perubahan dalam sektor kesehatan dan keuangan. Mereka mendorong pemerintah untuk mencabut UU Kesehatan dan UU P2SK (Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan), serta mewujudkan jaminan sosial sepanjang hayat. Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), yang juga mendukung aksi ini, mengatakan bahwa agenda perubahan struktural ini diarahkan pada kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Aksi ini direncanakan dimulai dari kantor International Labour Organization (ILO) di Gedung Menara Thamrin. GEBRAK berkomitmen untuk menjaga karakter aksi secara damai dan teratur, dengan harapan agar aspirasi yang diusung mendapat perhatian dari pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan.

Dalam suasana penuh semangat, masyarakat Indonesia menyaksikan momentum bersejarah ini. GEBRAK mengingatkan kita bahwa bersama, dengan semangat solidaritas dan harapan untuk masa depan yang lebih baik, perubahan adalah sesuatu yang nyata dan dapat diraih.