Wereng Datang Menyerang, Petani Dihimbau Waspada

49

Ponorogo – Serangan hama wereng terjadi di Kabupaten Ponorogo itu muncul sejak Februari dari Ponorogo Selatan dan menyebar ke wilayah lain. Sekarang penyebaran wereng terpantau setidaknya ada di 14 kecamatan.

Luasnya serangan wereng tersebut terjadi sekitar 44 hektar, dengan rincian kriteria ringan 39 hektar. Sedangkan 4,5 hektar masuk kategori sedang dan kategori berat sebanyak 0,75 hektar. Kondisi cuaca saat ini yakni curah hujan yang tinggi mempengaruhi intensitas serangan wereng.

Para petani di Ponorogo bagian utara mendapat himbauan untuk waspada dan melakukan persiapan. Wereng coklat yang berukuran kecil menyerang bagian batang tanaman padi. Oleh karena itu, perlu pengamatan dengan teknik yang benar, yaitu mengamati bagian bawah atau batang.

Dinas Pertanian Ponorogo sudah melakukan upaya upaya untuk mencegah atau meminimalisir serangan wereng. Di antaranya membagikan pestisida baik cair maupun kering. Total sekitar 500 kilogram pestisida sudah disalurkan ke petani di daerah Ponorogo. (yp)