Warga Keluhkan Suhu di Tulungagung yang Panas, Beginilah Penjelasan BMKG

432

TULUNGAGUNG – Cuaca panas yang melanda Tulungagung, Jawa Timur, belakangan ini memang menjadi perbincangan hangat di kalangan warga. Suhu yang tinggi membuat banyak orang mengeluhkan kondisi cuaca yang terasa seperti berada dekat dengan matahari itu sendiri. Namun, meskipun cuaca panas membuat kita merasa tidak nyaman, ada sejumlah alasan untuk tetap optimis.

Menurut Andi, seorang warga Desa Gamping Campur Darat, cuaca panas ini disebabkan oleh iklim yang sedang mengalami perubahan. Ia mengatakan bahwa suhu mencapai 35°C selama sepekan terakhir. Namun, alasan di balik cuaca yang begitu panas ini adalah fenomena alam yang sedang berlangsung.

Menurut Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Juanda, Surabaya, Jawa Timur, Taufik Hermawan, suhu tinggi ini memang menjadi perhatian, dan BMKG membenarkannya. Suhu maksimum yang mencapai 33-35°C terjadi di beberapa titik di Jawa Timur. Hal ini terkait dengan kurangnya curah hujan dalam beberapa hari terakhir di Pulau Jawa, terutama di wilayah Jawa Timur.

Kemarau yang berkepanjangan, disertai dengan fenomena El Nino, dan siklus cuaca yang rendah membuat hujan jarang terjadi. Hasilnya, kita merasakan cuaca panas yang tidak biasa. Namun, ada harapan untuk perubahan cuaca lebih baik di masa depan.

Saat ini, BMKG mencatat adanya sirkulasi siklonik di sekitar Laut Natuna yang mempengaruhi cuaca di sebagian wilayah Jawa. Hal ini dapat membawa angin dan potensi hujan, yang akan sangat membantu mengatasi kekeringan dan suhu tinggi.

Meskipun cuaca panas bisa membuat kita merasa tidak nyaman, kita dapat menjaga diri dengan cara yang tepat, seperti meminum cukup air, menghindari aktivitas terlalu berat di bawah terik matahari, dan melindungi diri dari sinar UV berbahaya.

Jadi, meskipun cuaca panas sedang melanda, mari tetap berpikiran positif dan berharap bahwa cuaca akan segera membaik. Dengan perhatian kita terhadap lingkungan dan langkah-langkah pencegahan yang tepat, kita bisa menjalani hari-hari cerah dengan nyaman.