Beranda Berita Visa Progresif Dihapus, Biaya Pembuatan Visa Naik

Visa Progresif Dihapus, Biaya Pembuatan Visa Naik

42
0

Visa Progresif Dihapus, Biaya Pembuatan Visa Naik

Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan penghapusan visa progresif haji dan umroh melalui dekrit raja salman. Namun disaat yang sama, pemerintah arab saudi juga mematok biaya tambahan visa senilai 300 riyal untuk setiap calon jama’ah haji dan umroh. Informasi penghapusan visa progresif tersebut, belum diterima secara resmi Kemenag Kabupaten Probolinggo, dan hingga saat ini denda visa progresif malon jama’sih berlaku. Penyedia jasa travel dan umroh pun resah, karena akan berdampak pada kenaikan biaya perjalanan haji dan umroh.

Keputusan pemerintah arab saudi melalui dekrit raja salman, tentang penghapusan visa progresif haji dan umroh, menjadi polemik hingga ke daerah di indonesia.

Biaya visa progresif diberlakukan pemerintah arab saudi sejak tahun 2016, bagi calon jama’ah haji yang hendak melakukan perjalanan haji 2 kali atau lebih, dan bagi calon jama’ah umroh 2 kali di tahun yang sama dalam kurun waktu 2 tahun. Besaran biaya visa progresif haji dan umroh tersebut, senilai 2 ribu riyah atau sekitar 7,5 juta hingga 8 juta rupiah.,

Kasi haji kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo, Taufiq, menyebutkan. Pihaknya belum mendapat informasi resmi baik dari Kanwil Kemenag Jawa Timur maupun dari Kemenag Pusat. Hanya saja Website Kemenag Pusat memang telah menyatakan rencana penghapusan visa progresif oleh Pemerintah Arab Saudi.

Taufiq menyatakan, informasi yang didapatkan tentang biaya visa progresif akan dihapus dan diganti dengan biaya visa haji umroh senilai 300 riyal atau sekitar 1,5 juta rupiah yang ditambah pembiayaan visal sebelumnya senilai 198 riyal atau sekitar 750 ribu rupiah. Namun biaya visa progresif 300 riyal tersebut, tidak hanya diberlakukan kepada calon jama’ah haji dan umroh yang akan mengulang, melainkan juga ditanggungkan kepada seluruh jama’ah haji dan umroh secara keseluruhan atau kolektif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 2 = 1