Viral Anak Tinggal di Rumah Tidak Layak

401

Kediri – Dinas Sosial Kabupaten Kediri mendatangi Afiq Adiansyah Putra, bocah 12 tahun yang belakangan viral di media sosial. Ia dikabarkan terlantar dan tinggal sebatang kara di sebuah gubuk terpal di Desa Karangrejo, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri, setelah orang tuanya bercerai.

Dari pengecekan tersebut, Dinsos menemukan fakta berbeda karena Afiq tidak tinggal sendiri, melainkan bersama ayahnya Sutoyo dan ibu tirinya. Namun, karena berselisih paham dengan ibu tiri, bocah kelas 4 Sekolah Dasar itu pergi dari rumah dan menempati rumah neneknya yang tidak layak huni.

Rumah tersebut seperti sebuah gubuk dari bahan kayu, beratap asbes dan berdinding terpal. Selama beberapa hari menempatinya, Afiq selalu ditemani sang ayah yang bekerja sebagai pedagang kaki lima.

Afiq mulai di Kediri dan ikut bersama ayahnya sejak September lalu. Sebelumnya, si bungsu dari dua bersaudara itu tinggal bersama ibunya Tugiyem usai kedua orang tuanya bercerai.

Terkait apa yang dialami Afiq, Dinsos memberikan bantuan bahan makanan dan pendampingan psikologis. Sementara itu, terkait kelanjutan pendidikannya di Kediri, pihak Dinsos juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan. (me)