Beranda Regional Upaya Relawan Pecinta Binatang Cegah Kepunahan

Upaya Relawan Pecinta Binatang Cegah Kepunahan

35
0

Di saat semakin banyaknya yang tidak peduli terhadap keberadaan satwa liar. Relawan atau volunteer hadir untuk menyelamatkan keberadaan satwa yang mulai punah akibat perburuan liar atau perdagangan gelap illegal. Keberadaan relawan pecinta satwa ini ternyata mampu mencegah kepunahan satwa-satwa langka, eksotis dan endemik Indonesia.

Bahkan mereka pun harus rela melakukan berbagai upaya agar satwa yang dilindungi tersebut terjaga populasinya dan habitatnya. Tidak sedikit dari mereka harus mengeluarkan biaya sendiri, tenaga, keringat, pikiran, dan ilmunya untuk menyelamatkan satwa dari ancaman kepunahan.
Seperti yang dilakukan para relawan yang tengah menjalankan tugasnya di pusat penyelamatan satwa Cikanga di desa Cisitu, kecamatan Nyalindung, kabupaten Sukabumi.

Di hari relawan internasional ini mereka tetap fokus dalam penyelamatan satwa, khususnya yang ada di Indonesia.
Setiap hari mere sukarela membersihkan kontoran satwa mulai dari primate, burung, mamalia, hingga binatang buas dan juga memberikan makanan tepat waktu
.
Bahkan saat bertugas di kandang satwa mereka harus rela dikerubuti nyamuk hutan. Tidak hanya itu, para relawan ini pun dengan sigap merawat jika ada hewan yang sakit.
Volunteer asal Belanda, Anne Jansen mengatakan dirinya datang untuk menjadi relawan ke PPSC Sukabumi ini untuk melakukan penelitian Kaswari.

Sementara itu Manager Manicare Foundation, Inge Telien menyebutkan PSSC membangun program Volunteer sejak tahun 2008. Untuk menghidupi serta merawat satwa ini sebagai yayasan dan relawan. Dirinya pun selalu berkoordinasi dengan lembaga pecinta satwa lainnya. sehingga diharapkan mampu membiayai kegiatan PPSC.

Semangat dari para relawan pecinta satwa ini haruslah diapresiasi di tengah kurangnya kepedulian warga terhadap hewan liar dan maupun habitatnya. Berkat kerja keras mereka anak cucu kita nantinya masih bisa melihat secara langsung satwa endemik, langka, dan eksostik, khususnya asal Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here