Upaya Menanamkan Ibadah Haji Sejak Dini

116

SIDOARJO – Dalam rangka menjalankan ajaran Islam dengan sebaik-baiknya, lembaga pendidikan dari kelompok bermain Raudhatul Athfal Muslimat (KB-RAM) NU 127 Ulil Albab di Desa Gelang, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, telah melakukan upaya luar biasa untuk menanamkan ibadah haji sejak dini kepada ratusan siswa dan orang tua siswa.

Manasik haji yang diadakan di KB-RAM NU 127 Ulil Albab ini melibatkan sekitar 270 orang, termasuk siswa dan orang tua mereka. Kegiatan ini dimulai dengan keberangkatan dari rumah masing-masing anak-anak, yang sebelumnya diajarkan untuk berdoa. Begitu tiba di lokasi, mereka langsung mengikuti tata cara manasik haji, termasuk Ihram, Wukuf, lempar Jumroh, Tawaf, Sa’i, hingga Tahalul.

Yang membuat kegiatan ini unik adalah bahwa manasik haji tidak dilakukan di lapangan atau dalam gedung, melainkan di depan halaman rumah anggota Komisi D DPRD Sidoarjo, Haji Rizza Ali Faizin. Menurut Kepala KB-RAM Muslimat NU 127 Ulil Albab Gelang, Siti Nur Khumairoh, pemilihan halaman rumah ini didasarkan pada pertimbangan luas, strategis, nyaman, dan dekat dengan sekolah, sehingga semua siswa dapat mengikuti dengan mudah. Selain itu, orang tua siswa juga dapat mendampingi mereka dari awal hingga akhir kegiatan.

“Dengan adanya manasik haji ini, kami berharap siswa KB-RAM Muslimat NU 127 Ulil Albab Gelang dapat menjadi anak yang sholeh dan sholihah, serta kelak dapat menunaikan ibadah haji sungguhan,” ujar Siti Nur Khumairoh, Kepala KB-RAM NU 127 Ulil Albab Gelang.

Manasik haji ini merupakan salah satu upaya penting dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam sejak dini kepada generasi muda. Dengan pelaksanaan kegiatan semacam ini, diharapkan anak-anak dapat memahami dan mencintai ibadah haji sejak usia dini, sehingga kelak mereka dapat melaksanakannya dengan penuh keikhlasan dan ketakwaan.