Beranda Berita Upacara kirab bersih Nagari dalam rangka hari jadi Kabupaten Tulungagung ke 813...

Upacara kirab bersih Nagari dalam rangka hari jadi Kabupaten Tulungagung ke 813 tahun 2018

168
0

Tulungagung, Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke -813, diakan Upacara Kirab Bersih Nagari di Kantor Pemerintah Kabupaten Tulungagung, dan di adakan kirab menuju Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso Kabupaten Tulungagung.

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke- 813 tahun 2018, diadakan upacara dan Kirab Bersih Nagari yang diadakan di Kantor Pemerintah Kabupaten Tulungagung menuju Pendopo Kongasarum Kusumaning Bongso Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ini diawali dengan Upacara Bersih Nagari yang diawali dari Kantor Pemerintah Kabupaten Tulungagung berupa Kirap Pataka, Lambang Daerah Kabupaten Tulungagung dengan diiringi rombongan drum band dan ada penari yang berjalan dibelakang arak”an yang akan dibawa menuju pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso Kabupaten Tulungagung.

Upacara Kirab Nagari ini diikuti oleh PLT Bupati Tulungagung berserta istrinya yang menaiki delman dari kantor pemerintah Kabupaten Tulungagung menuju Pendopo Kongasarum Kusumaning Bongso, dengan diikuti di belakangnya yaitu FORKOPIMDA Kabupaten Tulungagung, Kapolres Tulungagung, Danramil, berserta asn di Kabupaten Tulungagung yang menaiki becak menuju Pendopo Kongasarum Kusumaning Bongso.

Hadir dalam acara tersebut mantan PLT Bupati Tulungagung Drs Jarianto Ms , I, Kepala Dprd Tulungagung Supriyono Se Ms I, Sekda Kabupaten Tulungagung bapak ir. Indra Fauzi MM, camat se Kabupaten Tulungagung , tokoh masyarakat dan agama, mahasiswa, dll. Para tamu undangan yang duduk di deretan kursi yang ada disisi kanan dan sisi kiri ruang pendopo tak ubahnya jajaran abdi dalem yang tengah menunggu prosesi serah serahan panji pusaka milik kabupaten yang tengah dalam perjalanan dari Kantor Pemkab Tulungagung menuju Pendopo Kongasarum Kusumaning Bongso.

Ritual tahunan kirab dua buceng atau tumpeng untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ini dianalogikan sebagai buceng lanang (pria) dan buceng wadon (perempuan ) yang terkesan menarik. Selain itu peserta yang mengikuti kirab tersebut juga menampilkan arak arakan orang berpakaian adat jawa yang diiringi oleh penari cantik.

Banyak sekali warga yang antusias untuk melihat acara arak arakan tersebut yang diadakan dalam rangka memperingati hari jadi kabupaten tulungagung ke – 813 tahun 2018.

Selain Upacara Kirab Bersih Nagari yang digelar untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke 813, masih banyak kegiatan yang akan diadakan untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung tersebut.

Kegiatan selanjutnya yang akan diadakan untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ini yaitu grebek Bhineka Tunggal Ika ke 2 tahun 2018, Pawai Mobil Hias, Festival Seni Jarananan Kabupaten Tulungagung , Pagelaran Wayang Kulit Malam Puncak Acara Hari Jadi Kabupaten Tulungagung. Dan tentunya masih banyak kegiatan yang akan diadakan untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke 813 tahun 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

79 − 77 =