Tulungagung – Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76

114

Tulungagung – 17 Agustus merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, yakni hari kemerdekaan Indonesia. Tepat pada hari ini, 17 Agustus 2021 Indonesia merayakan hari kemerdekaan yang ke-76. Pemerintah Kabupaten Tulungagung menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di depan kantor Bupati Tulungagung.

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan republik Indonesia yang ke-76, dengan tema Indonesia tangguh Indonesia tumbuh. Pemerintah Kabupaten Tulungagung menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di depan kantor bupati Tulungagung.

Mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19 dan PPKM, Pemerintah Kabupaten Tulungagung membatasi jumlah peserta upacara. Pembatasan peserta upacara hingga 10 persen dari biasanya, sesuai instruksi dari menteri dalam negeri. Sementara itu, yang tidak dapat mengikuti upacara secara langsung, tetap mengikuti upacara secara virtual.

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo menjadi pembina upacara 17 Agustus 2021.  Upacara mulai terlaksana yang pukul 08.00 WIB dihalaman kantor Bupati Tulungagung. Hanya terlihat beberapa peserta dari Kodim 0807 Tulungagung, Polres Tulungagung, Korsik Pol. PP dan ASN. Meski demikian, upacara tetap sakral dan khidmat.

Pengibaran bendera dilakukan oleh pasukan  pengibar bendera Kabupaten Tulungagung, yang merupakan gabungan putra-putri pilihan terbaik dari SMK, SMA, dan MA Kabupaten Tulungagung, dengan formasi sayap burung garuda. Sedangkan tim paduan suara dari paduan suara Pemerintah Kabupaten Tulungagung yang pengiringnya oleh merdeka band.

Bupati Tulungagung berharap di hari kemerdekaan, semua bisa bersatu mendukung pemerintah untuk memerangi pandemi Covid-19. Beliau juga menyampaikan makna tema kemerdekaan yaitu Indonesia tangguh Indonesia tumbuh. Tangguh berarti mempertahankan kerukunan warga, dengan kerukunan maka bangsa menjadi kuat dan akan tumbuh menjadi bangsa yang kuat.

Meski terlaksana dengan sederhana, upacara peringatan HUT RI ke-76 tetap berjalan lancar dan khidmat. Tak lupa tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (na)