fbpx
Connect with us

Berita

TULUNGAGUNG – Rawan Roboh Candi Mirigambar Dipugar

Diterbitkan

pada

Balai Pelestarian Cagar Budaya, BPCB, Jawa Timur, melakukan pemugaran terhadap Candi Mirigambar, di Kabupaten Tulungagung. Kondisi candi yang rusak parah serta rawan roboh menjadi salah satu alasan pemugaran ini. Dalam proses pemugaran, tim menemukan adanya struktur bangunan yang diduga berkaitan dengan candi ini.

Candi Mirigambar yang terletak di Desa Mirigambar, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung, dipugar oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya, BPCB, Jawa Timur. Candi yang menyimpan relief tentang cerita panji ini, kondisinya sudah rusak berat. Candi juga miring dan rawan roboh sehingga perlu dilakukan pemugaran.

Proses pemugaran sendiri ditargetkan akan selesai dalam waktu 10 bulan. Pemugaran candi ini dianggarkan sebanyak 900 juta rupiah. Tim pemugaran akan memindahkan seluruh batuan candi, dan memberikan penguatan di setiap lapisannya. Candi akan dikembalikan bentuknya sesuai dengan data terakhir yang dimiliki oleh BPCB.

Saat melakukan pemugaran, tim juga menemukan sebuah struktur bangunan yang terletak di sisi utara candi. Struktur ini diduga kuat masih berkaitan dengan Candi Mirigambar. BPCB akan melibatkan juru pelihara bangunan cagar budaya, untuk membantu proses eskavasi ini. Sedangkan proses pemugaran bisa tetap berjalan sesuai dengan jadwal.

Candi Mirigambar sendiri diduga dibangun pada masa tiga kerajaan, yakni Kerajaan Kediri, Singasari dan Majapahit. Hal ini diperkuat dengan temuan tiga angka tahun, pada bagian candi.

download madu tv di playstore

Radio MDSFM

Madu TV Channel

Linked Media

%d blogger menyukai ini: