TULUNGAGUNG – Jelang Hari Raya Qurban, Pesanan Pisau Potong Hewan Meningkat

TULUNGAGUNG – Jelang Hari Raya Qurban, Pesanan Pisau Potong Hewan Meningkat

Menjelang perayaan hari idul adha, sejumlah perajin pisau di Tulungagung, mendapat berkah. Hal ini dikarenkan pesanan pisau dari sejumlah daerah, meningkat dibanding hari biasa. Mayoritas pisau yang dipesan merupakan pisau untuk menguliti hewan kurban, dan pisau pengiris daging.

Para perajin pisau di Desa Gondang, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung, mulai mengerjakan pesanan pisau untuk hari raya idul adha. Jumlah pesanan ini meningkat hingga sepuluh persen, dibandingkan hari biasa. Jika di hari biasa pesanan bisa mencapai 10 hingga 15 kodi, kini meningkat hingga 25 kodi perhari. Mereka juga mengaku kewalahan, untuk memenuhi permintaan pasar.

Jenis pisau untuk menguliti hewan kurban serta memotong daging, paling banyak dicari oleh pembeli. Selain itu pisau untuk keperluan dapur dan buahjuga banyak dipesan. Ketiga jenis pisau tersebut banyak diproduksi oleh para perajin, untuk memenuhi kebutuhan pisau di beberapa daerah, saat hari raya idul adha.

Pisau yang terbuat dari plat baja ini, dijual mulai harga 30 ribu hingga 95 ribu rupiah per kodi, tergantung ukuran besar kecilnya. Meskipun kini sudah tersedia pisau berbahan stainles, namun pisau dari baja ini tetap diminati oleh masyarakat. Bentuknya yang lebih kokoh serta kuat, membuat pisau ini cocok untuk digunakan saat idul adha.

Selain memenuhi permintaan pasar lokal, pisau ini juga dikirim ke berbagai kota di wilayah luar jawa, seperti Sulawesi dan Kalimantan. Permintaan pisau ini diperkirakan akan mengalami peningkatan lagi, hingga idul adha usai.