Tulungagung Belum Siap Berlakukan New Normal

Tulungagung Belum Siap Berlakukan New Normal

 

Meskipun pemerintah pusat telah memutuskan untuk memberlakukan new normal pada awal bulan Juni, namun hal tersebut tidak berlaku bagi wilayah Kabupaten Tulungagung. Tingginya kasus positif covid 19 yang belum diimbangi dengan tingkat kesembuhan, menjadi salah satu alasannya. Tim gugus tugas percepatan penanganan covid setempat masih akan memantau perkembangan kondisi, dan akan memutuskan pada akhir bulan juni.

Tim gugus tugas percepatan penanganan Covid 19 Kabupaten Tulungagung , memutuskan untuk menunda pelaksanaan new normal. Masih tingginya jumlah kasus positif corona yang beluk diimbangi dengan tingkat kesembuhan pasien menjadi salah satu alasannya. Selain itu hasil tes swab sejumlah pasien reaktif rapid test, juga belum keluar. Hingga saat ini tingkat kesembuhan pasien positif baru mencapai 34 persen.

Tim gugus tugas sendiri masih akan memantau jumlah pertambahan pasien dalam satu minggu pertama bulan Juni. Setelah itu mereka akan melihat pertumbuhan kesembuhan pasien. Diperkirakan pada minggu terakhir bulan juni , mereka akan membahas persiapan pelaksanaan new normal.

Terdapat beberapa hal yang harus disiapkan dalam fase new normal ini. Tim akan menggodok sejumlah regulasi , mulai dari ekonomi, pendidikan dan sosial budaya dalam pelaksanaan new normal. Mereka juga akan membahas regulasi tersebut dengan sejumlah stake holder , sebelum diputuskan penerapan new normal.

Sesuai data terdapat 4 provinsi dan 110 kabupaten kota di indonesia yang menerapkan new normal di awal bulan juni . Hingga saat ini jumlah kasus covid 19 di tulungagung sebanyak 64 kasus , dengan 22 pasien diantaranya dinyatakan sembuh.