TRENGGALEK – Petani Trenggalek Gelar Upacara Di Tengah Sawah

TRENGGALEK – Petani Trenggalek Gelar Upacara Di Tengah Sawah

Puluhan petani di Trenggalek menggelar upacara peringatan detik-detik proklamasi di tengah area persawahan. Para petani memakai pakaian ala kadarnya yang biasanya digunakan ke sawah.

Upacara HUT ke-75 Indonesia  yang diikuti sekitar 70 orang ini digelar para petani dan warga di Desa Sambirejo, Kecamatan Trenggalek, Kabupaten Trenggalek Jawa Timur. Menariknya seluruh petugas upacara, mulai dari komandan upacara hingga petugas pengibar bendera merupakan petani Desa setempat. Sedangkan inspektur upacara dipimpin oleh camat Trenggalek.

Meskipun tidak terbiasa mengikuti upacara bendera, para petugas dapat menjalankan dengan baik, bendera pun dapat berkibar dengan sempurna.

Kepala desa sambirejo karyanto, mengatakan upacara di tengah area persawahan ini sengaja digelar sebagai bentuk penghormatan para petani kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan. Upacara ini sekaligus juga sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen yang melimpah.

Dalam upacara ini para peserta tidak diwajibkan menggunakan pakaian khusus, namun dibebaskan untuk memakai pakaian yang biasa digunakan sehari-hari untuk beraktivitas di sawah. Bahkan dalam upacara itu beberapa petani turut serta membawa tangki semprot hingga sabit.

Selain petani, upacara juga diikuti oleh beberapa anggota himpunan janda berkarya atau hijab yang biasanya ikut berkontribusi dalam pemasaran produk umkm dan pertanian.

Salah seorang petani yang menjadi petugas upacara, tumijan mengaku baru pertama kali mengikuti upacara 17 agustus bersama para petani di desanya. Menurutnya kegiatan tersebut dinilai cukup positif, sebab dapat menumbuhkembangkan rasa nasionalisme dan kebersamaan.

Usai mengikuti upacara detik-detik proklamasi, para petani dan warga mengikuti makan bersama di tengah area persawahan.