Beranda Berita Tradisi Siraman Sedudo Mulai Didatangi Puluhan Wisatawan Mancanegara

Tradisi Siraman Sedudo Mulai Didatangi Puluhan Wisatawan Mancanegara

52
0

Tradisi Siraman Sedudo Mulai Didatangi Puluhan Wisatawan Mancanegara

Tradisi Siraman Sedudo yang digelar setiap tahun pada bulan muharam atau suro oleh segenap masyarakat dan pejabat di bawah Air Terjun Sedudo, didatangi oleh ratusan wisatawan dari berbagai belahan dunia. Mereka sangat senang dapat menyaksikan tradisi siraman tersebut, pemandangan di lokasi tersebut juga sangat indah.

Setiap bulan muharram atau suro, segenap masyarakat dan pejabat berdatangan ke Air Terjun Sedudo untuk mengikuti prosesi siraman yang terletak di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan Kebupaten Nganjuk.

Tradisi siraman ini dimulai dengan tari tarian oleh sejumlah gadis yang diiringi dengan gamelan, setelah itu gadis yang telah ditunjuk untuk membawa kendil mendatangi air terjun sedudo bersama dengan sejumlah perjaka untuk mengambil air.

Tradisi turun-temurun sejak berabad-abad lalu warisan leluhur ini selalu dilestarikan oleh masyarakat lereng gunung wilis, bahkan untuk tahun 2019 ini wisatawan yang berdatangan tidak hanya dari berbagai daerah saja, namun puluhan wisatawan diantaranya datang dari 7 belahan dunia yang datang secara khusus untuk menyaksiksan prosesi siraman di bawah air terjun sedudo.

Menurut Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidayat, kegiatan siraman yang dilakukan di bawah Air Terjun Sedudo ini mendapatkan sambutan yang baik dari wisatawan mancanegara yang hadir, bahkan mereka juga mengikuti prosesi mandi di bawah air terjun sedudo, sehingga diharapkan wisata yang ada di Kabupaten Nganjuk dapat terkenal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 1 = 1