fbpx
Iklan
Connect with us

Berita

Tompo dan Flash Mob: Cara Kelurahan Mojoroto Atasi Masalah Plastik dan Tetap Bugar Saat Pandemi

Diterbitkan

pada

Kediri (madu.tv)—Pada awal dibuatnya plastik oleh seorang ilmuwan Stef Gustav Thulin pada tahun 1959, hingga saat ini plastik telah digunakan oleh hampir semua orang diseluruh dunia. Kemudian sebuah permasalahan muncul, dikarenakan plastik yang susah diurai, membuat volume sampah dari plastik semakin meningkat. Hingga akhirnya permasalahan ini menjadi perhatian dunia termasuk Indonesia.

Namun, ditengah mewabahnya Korona akhir-akhir ini, isu tentang sampah plastik ini terkesampingkan. Menyadari hal ini, Pemerintah Kota Kediri dalam hal ini Kelurahan Mojoroto, memelopori penggunaan *_tompo_* dalam program pembagian sayur gratis sebagai pengganti plastik sekali pakai.

Sebelumnya program bebagi sayur ini telah berjalan selama tiga minggu di Kelurahan Mojoroto. Namun untuk wadah yang digunakan masih menggunakan plastik sekali pakai.

Tepatnya pagi ini, 26/06/2020 berlokasi di RW 01, Kelurahan Mojoroto, Kota Kediri, inovasi ini resmi dilaunching. Peresmian dilakukan langsung oleh Lurah Mojoroto, Achmad Koharudin.

“Sebagai bentuk inovasi dan bentuk cinta lingkungan, kami menggunakan *_tompo_* di mana warga bisa mengambil sayur gratis namun harus membawa wadah sendiri.” Ungkap Koharudin. “Jadi *_tompo_* nya Cuma buat nampung saja, tidak boleh dibawa pulang.”

Melalui program ini, Koharudin berharap kegiatan kepedulian tetap berjalan di tengah Korona, sekaligus kelestarian lingkungan juga terjaga. “Mulai hari ini, dalam program pembagian sayur gratis di Kelurahan Mojoroto, mengharuskan warga untuk membawa wadah mereka sendiri dari rumah. Sehingga, wadah tersebut bisa digunakan tidak hanya sekali.”

Sementara itu, dalam launching hari ini diawali dengan kegiatan *_flash mob_* bersama yang diikuti oleh warga RW 01, Karang Taruna, Kelurahan, Babinsa dan Babinkamtibmas. *_Flash mob_* ini dilakukan sebagai sarana olah raga untuk tetap menjaga kebugaran tubuh apalagi di tengah pandemi seperti sekarang . “Ini merupakan salah satu usaha kami untuk meningkatkan imun tubuh,” pungkasnya.(Pen) 

Iklan

download madu tv di playstore

Continue Reading
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Temukan Kami di Facebook

Radio MDSFM

Madu TV Channel

Linked Media

%d blogger menyukai ini: