Beranda Berita Tingkatkan Potensi Wisata Pemkab Blitar Gelar Festival Purnama Seruling Penataran

Tingkatkan Potensi Wisata Pemkab Blitar Gelar Festival Purnama Seruling Penataran

91
0

Demi melestarikan budaya sekaligus untuk pesan perdamaian, Pemerintah Kabupaten Blitar, Jawa Timur menggelar kegiatan festival purnama seruling penataran. Selain dihadiri oleh sejumlah pejabat dari kementerian pendidikan dan kebudayaan, turut hadir pula diantaranya sejumlah perwakilan seniman dari Spanyol dan Meksiko.

Bertempat di areal candi penataran, di Desa Penataran Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, Bupati Blitar Riyanto membuka langsung kegiatan festival seruling penataran. Dalam kegiatan kali ini, ribuan penonton menyaksikan festival seruling sekaligus panji atau kumpulan cerita rakyat yang berasal dari sejarah di candi penataran.

Dalam pagelaran tersebut, banyak di suguhkan berbagai kesenian berupa tari-tarian termasuk tari barong dan kuda lumping. Perwakilan dari negara tetangga seperti dari Negara Spanyol dan Meksiko, juga ikut serta mengisi kegiatan tersebut dengan menyuguhkan kesenian daerahnya.

Kegiatan tersebut sengaja digelar oleh dewan kesenian, selain sebagai pesan perdamaian antar negara, juga sekaligus untuk menarik minat wisatawan lokal ataupun luar daerah, sehingga masyarakat khususnya generasi muda dapat mencintai budaya peninggalan para leluhur agar tidak punah dimakan jaman.

Sementara menurut Ninda salah pengunjung mengaku, dia bersama istirnya sengaja datang ke candi penataran karena penasaran, ingin menyaksikan pertunjukan festival yang mengisahkan tentang berdirinya candi penataran.

Untuk menambah gemerlapnya suasana, pada areal candi juga sengaja di desain dengan gemerlap lampu warna warni yang cukup menggugah semangat para penonton untuk menyaksikan dan menikmati pagelaran seni seruling dan panji penataran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

28 − 18 =