Tingkatkan Penerapan Protokol Kesehatan, Polres Kota Blitar Gencarkan Program Ayo Tukarkan Maskermu

261

Blitar – Kepolisian Resort (Polres) Kota Blitar tengah menggencarkan program “ayo tukarkan maskermu” di sejumlah tempat keramaian atau pusat perbelanjaan di wilayah setempat.

Upaya itu dilakukan, demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penerapan protokol kesehatan di berbagai macam aktivitas, terutama saat di luar rumah.

Kapolresta Blitar, AKBP Leonard M Sinambela mengatakan program Gerakan Tukarkan Maskermu ini sebagai implikasi instruksi Presiden No 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian COVID-19.

Menurut Leonard, penegakkan tatanan kehidupan baru (New Normal) tidak harus diberikan sanksi. Melainkan dengan cara – cara huminis seperti gerakan tukarkan maskermu diyakini dapat menyentuh kesadaran warga.

“Kita gunakan metode yang simpel tapi mengena kepada masyarakat. Peogram ini menyasar ke seluruh wilayah Kota Blitar mulai persawahan, warung, sejumlah pasar tradisional dan tempat yang dijadikan berkumpulnya warga,” kata Leonard.

Secara teknis, implementasi program ini yakni saat petugas kepolisian melakukan patroli dan mengetahui masker masyarakat dalam keadaan kotor/lusuh akan dihampiri serta ditukar dengan masker baru.

<

p style=”text-align: justify”>Sebagai informasi, Gerakan Tukarkan Maskermu ini menyasar ke ruang-ruang publik. Di mana frekuansi pemakaian masker tinggi, namun stok masker yang dimiliki warga terbatas. Selama ini, Polresta Blitar telah membagikan jutaan masker bagi warga Kota Blitar. (SK)