Beranda Berita Tim SAR Cari Korban Longsor Gunung Kapur

Tim SAR Cari Korban Longsor Gunung Kapur

207
0

Tim SAR gabungan dari Basarnas,  BPBD, Polri dan TNI terus melakukan upaya pencarian 1 korban tertimbun longsor di Gunung Kapur Grenden, Puger, Jember yang terjadi pada Senin 25 Maret. Tim SAR kesulitan melakukan pencarian korban karena material longsoran berupa bebatuan berukuran sangat besar dan tebing gunung tersebut masih rawan longsor susulan. Sementara 2 korban luka-luka hingga saat ini masih dirawat di rumah sakit setempat.

Di hari ke 2 pasca terjadinya longsor di kawasan pertambangan gunung kapur, dusun grenden, Kecamatan Puger, Jember, tim SAR gabungan dari basarnas, BPBD, TNI dan Polri serta masyarakat terus berupaya melakukan pencarian korban tertimbun longsor,pada Selasa 26 Maret..

Tim SAR gabungan melakukan upaya pencarian dengan cara manual, beberapa barang-barang milik korban, seperti tas dan topi berhasil ditemukan. Tim SAR juga berhasil mengevakuasi 2 unit sepeda motor milik korban selamat. Namun upaya pencarian terkendala dengan kondisi tebing yang masih rawan terjadinya longsor susulan, karena tanah di atas tebing masih labil dan banyak ditemukan retakan di sekitar tebing. Bahkan longsor susulan kecil sempat terjadi saat tim SAR gabungan melakukan pencarian korban tertimbun longsoran yang bernama Sucipto, warga Desa Sulakdoro, Kecamatan Wuluhan, hingga membuat tim SAR berlarian untuk menyelamatkan diri.

Sementara hingga saat ini 2 korban luka-luka akibat longsor itu masih dirawat secara intensif di rumah sakit setempat.

Meseno – Adik Korban Tertimbun Longsor, “Rencana kalau pihak berwajib masih belum ada menghasilkan solusi kemungkinan masyarakat yang biasa kerja di gunung ini akan sukarela membantu pencarian.”

Prahista – Komandan Regu Basarnas Jember, “Pada siang ini kita baru mengevakuasi 2 unit sepeda motor milik korban, barusan kita telah melakukan evaluasi dengan melihat video dan bertanya kepada saksi-saksi untuk menentukan titik pencarian yang nanti akan dilakukan dengan ekskavator.”

Untuk memudahkan pencarian korban, tim sar akan segera mendatangkan alat berat untuk mengangkat material longsoran berupa bebatuan yang berukuran besar-besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

52 − = 43