Connect with us
header

Jawa Timur

Tim Damkar Kota Kediri, Siap Lakukan Inspeksi APAR

Diterbitkan

pada

Kediri – Pemadam kebakaran adalah pelayanan umum yang Pemerintah Kota Kediri miliki. Berada di naungan Satuan Pamong Praja Kota Kediri, petugas damkar selalu siap dan sigap melawan, ketika si jago merah datang melahap salah satu bangunan di Kota Kediri. “Yang namanya damkar tidak melihat batas wilayah. Yang terpenting adalah visi misi kita, yaitu penyelamatan,” ujar Kepala Satpol PP Kota Kediri, Eko Lukmono.

Bukan hanya memadamkan api, petugas damkar juga memiliki tugas yang tidak kalah penting. Yaitu memastikan bahwa setiap kantor atau perusahaan yang ada di Kota Kediri  memiliki alat pemadam kebakaran (APAR) yang dapat berfungsi secara baik.

Untuk itu, hari ini, Selasa (22/6), Satpol PP Kota Kediri, menggelar sosialisasi produk hukum daerah. Yaitu Perda Kota Kediri Nomor 7 tahun 2011 tentang retribusi penyediaan alat pemadam kebakaran.

Menurut Eko, pada sosialisasi ini Satpol PP Kota Kediri mengundang 60 pengusaha hotel, supermarket, SPBU, rumah sakit, bank, dealer, PLN, dan distributor gas. “Kita mengundang beberapa pengusaha, Mereka memiliki kewajiban untuk menyediakan alat pemadam kebakaran,” ujarnya.

Eko menjelaskan bahwa Perda No 7 Tahun 2011 ini merupakan produk lama yang belum berjalan secara maksimal. “Mulai tahun ini kita berusaha memaksilkan Perda No 7 Tahun 2011 ini. Di mulai dari pendataan kembali dan pengecekan alat pemadam kebakaran secara rutin setiap 6 bulan sekali,” jelasnya.

Sebelum pengecekan rutin,  sosialisasi ini tergelar agar para pengusaha dapat menyiapkan dan mengerti tentang APAR. “Sosialisasi ini untuk mengingatkan kepada para pengusaha agar memperhatikan alat pemadam kebakaran. Jangan sampai lali,” ujar Eko saat membuka acara sosialisasi di Lotus Garden Hotel.

“Setalah sosialisasi ini, kami akan sowan ke perusahaan dan kantor yang ada di Kota Kediri. Jadi tidak perlu kaget atau panik jika sewaktu-waktu kami melakukan inspeksi  mendadak,” lanjutnya.

Dita, salah satu peserta asal Sun Star Motor yang mengikuti sosialisasi ini, mengungkapkan bahwa adanya sosialisasi ini sangat penting, terutama bagi perusahaan yang beresiko adanya kebakaran. “Perusahaan saya bergerak di bidang otomotif, sangat perlu adanya APAR (Alat Pemadam Kebakaran),” ujarnya.

“Melalui sosialisasi ini kami jadi tahu manfaat dan cara penggunaan APAR karena dari perusahaan memang tidak pernah ada penjelasan tentang APAR,” jelasnya. (*/me)

MaduTV on Facebook

TV DIGITAL MADU TV

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

%d blogger menyukai ini: