Beranda Berita Tertangkap, Pembuat Hoaks Surat Suara Tercoblos

Tertangkap, Pembuat Hoaks Surat Suara Tercoblos

56
0

Kepolisian pada 7 Januari telah menangkap pelaku berinisial B-B-P, yang diduga membuat dan menyebar hoaks mengenai 70 juta surat suara pilpres tercoblos yang berada dalam 7 kontainer, terbukti suara pelaku identik dengan suara rekaman hoaks.

Kepolisian berhasil menangkap seorang pelaku pembuat rekaman sekaligus penyebar hoaks, adanya 7 kontainer berisi surat suara tercoblos di tanjung priok, jakarta utara. Pelaku berisinial B-B-P dan bertempat tinggal di bekasi ini, ditangkap pada 7 Januari 2019, di Sragen.

Dari hasil pemeriksan pulabor polri, kepolisian memastikan suara rekaman hoaks dengan suara pelaku adalah identik.

Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Brigjen Pol Rachmad Wibowo mengatakan, pelaku merekam dan menyebarluaskan berita hoaks ke grup whatsapp dan media sosial.

Pelaku dikenakan pasal 14 ayat 1 dan 2 undang-undang nomor 1 tahun 1946 dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara. Adapun barang bukti yang disita adalah 2 buah ponsel, print out postingan pelaku, alat rekam, dan KTP.

Sebelumnya, masyarakat sempat dihebohkan dengan beredarnya hoaks yang menyatakan 70 juta surat suara pilpres yang sudah tercoblos di nomor urut satu, berada dalam 7 kontainer yang berada di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here