fbpx
Connect with us

Berita

Kediri – Pelaku Seni Dituntut Inovatif Di Masa Pandemi Covid-19

Diterbitkan

pada

Kediri – Pelaku Seni Dituntut Inovatif Di Masa Pandemi Covid-19

Di tengah pandemi covid-19  para pelaku seni dan budaya di Kota Kediri dituntut untuh lebih inovatif  dengan mencari peluang dalam mengaktualisasi diri. Meskipun protokol kesehatan membatasi pertemuan karena harus jaga jarak seniman tetap bisa mencari rupiah melalui sebuah pertunjukkan daring.

Seruan tersebut disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan Dan Olahraga (DISBUDPARPORA) Kota Kediri Nur Muhyar dalam sosialisasi Undang-Undang (UU) nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan kepada para pelaku seni di Gor Jayabaya Kota Kediri. Sosialisasi ini diberikan untuk memberi pemahaman kepada pelaku seni tentang hak dan kewajiban mereka dalam berkreasi.

Dikatakan Nur Muhyar  di masa pandemic covid-19 ini diperlukan inovasi-inovasi agar kebudayaan tetap bisa dipupuk dan dikembangkan tetapi dengan mentaati protokol kesehatan. Pemerintah Kota Kediri telah mengawali lahirnya ide berkreasi di masa corona melalui pentas amal secara daring.

Sosialisasi UU permajuan kebudayaan ini dikemas dalam bentuk dialog publik dengan menghadirkan dua orang narasumber dari kejaksaan negeri Kota Kediri. Menurut jaksa fungsional Sigit Artanto Jati  salah satu amanat di dalam UU no 5 tahun 2017 ini adalah strategi budayaan yang berasal dari bawah sampai ke level pusat.  Hal tersebut bisa menjawab pertanyaan tentang kegalauan para pelaku seni dalam mengaktualisasikan diri di tengah bencana non alam pandemi.

Setelah hampir 30 tahun undang-undang pemajuan kebudayaan ini bisa disahkan pemerintah. Lahirnya undang-undang ini sangat berarti sekali bagi pelaku seni di Kediri ,sebab kita ketahui Kediri adalah sebuah kota tua yang menjadi symbol tumbuhnya kebudayaan tak heran apabila di daerah ini berbagaimana kesenian tetap lestari. Adapun kesenian yang selama ini berada dibawah naungan pemerintah daerah dalam hal ini DISBUDPARPORA setempat tercatat mulai dari seni tradisi  kontemporer dan berbasic religi.

download madu tv di playstore

Continue Reading
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Radio MDSFM

Madu TV Channel

Linked Media

%d blogger menyukai ini: