Beranda Berita Talud bendungan di Madiun ambrol

Talud bendungan di Madiun ambrol

243
0

Curah hujan yang tinggi, telah membuat dinding penahan atau talud, di dam sareng, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, ambrol, sejak pekan lalu. Peristiwa tersebut, berakibat pada terhentinya pasokan air untuk puluhan hektare areal persawahan dalam sepekan terakhir.
Tingginya curah hujan, telah membuat dinding penahan atau talud, yang membendung aliran sungai, di dam Desa Sareng, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, ambrol, sejak 13 november. Beruntung, pada saat peristiwa itu terjadi, tidak ada yang berada di sekitar lokasi. Sehingga tidak ada korban yang jatuh.

Ambrolnya dam, berawal dari adanya lubang kecil di bagian atas talud yang semakin membesar, dan kini mencapai 10 meter. Sebagai langkah awal, warga bersama dinas terkait di pemerintah Kabupaten Madiun, masih melakukan perbaikan darurat dengan konstruksi bronjong, guna mencegah ambrolnya talud setinggi 8 meter itu semakin meluas.

Peristiwa tersebut, berakibat pada terhentinya pasokan air untuk puluhan hektar areal persawahan dalam sepekan terakhir. Di mana dam sareng, sebelumnya mampu memenuhi kebutuahn irigasi lahan pertanian seluas 866 hektare di Kecamatan Dagangan dan sekitarnya.

Dinas pekerjaan umum dan penataan ruang kabupaten madiun merencanakan program perbaikan total untuk dam sareng, pada tahun 2019, melalui dana infrastruktur publik daerah. Dan diharapkan fungsi irigasi dari dam sareng dapat kembali maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

82 + = 83