Beranda Berita Surat Suara Pilpres Dan DPD Belum Datang KPU Tulungagung Mulai Sortir Serta...

Surat Suara Pilpres Dan DPD Belum Datang KPU Tulungagung Mulai Sortir Serta Lipat Surat Suara

281
0

Meski pengiriman surat suara pemilihan presiden, dan Dewan Perwakilan Daerah, D-P-D, dari pihak percetakan belum datang, namun Komisi Pemilihan Umum, K-P-U, Tulungagung, Jawa Timur, Selasa pagi, mulai melakukan sortir, dan lipat suara D-P-R-D kabupaten. Menggunakan tenaga pelipat profesional dari sebuah percetakan di Surabaya, proses pelipatan diperkirakan akan selesai dalam waktu 15 hari.

Mengerahkan 65 orang tenaga pelipat profesional dari sebuah percetakan di Surabaya, K-P-U Tulungagung, Jawa Timur, mulai melaksanakan sortir dan pelipatan surat suara. Untuk mengawali pelipatan ini, para tenaga pelipatan yang dominasi para wanita, melipat surat suara D-P-R-D Kabupaten, kemudian melipat surat suara D-P-R-D provinsi, dan D-P-R R-I, karena surat suara pilres dan D-P-D, hingga kini belum di kirim dari percetakan.

Dari surat suara yang telah di terima K-P-U Tulungagung, masing-masing berisi 869.622 lembar, dan akan menyusul surat suara pilpres, dan D-P-D, yang direncanakan akan di terima K-P-U, sekitar 2 atau 3 hari kedepan. Seluruh proses sortir dan lipat surat suara tersebut, diperkirakan akan selesai dalam waktu 15 hari.

Melibatkan pelipat kertas dari tenaga profesional, dan berpengalaman ini, karena pihak K-P-U Tulungagung, tidak mau mengambil resiko, hasil pelipatan lebih rapi, serta untuk meminimalisir penyalahgunaan surat suara. Bahkan dalam tempo kurang dari 3 menit, mereka mampu melipat surat suara sebanyak 20 lembar, dan setiap bendel berisi 25 lembar.

Sejauh ini, surat suara pileg D-P-R-D Kabupaten, yang di sortir, dan di lipat, belum ditemukan dalam kondisi cacat, maupun rusak. Selanjutnya bendelan surat suara yang kemas dalam kardus, ditempatkan di gudang K-P-U Tulungagung, sambil menunggu kedatangan logistik pilpres, dan pemilu, untuk didistribusikan ke masing-masing T-P-S.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

25 − 15 =