SUMENEP – Harga Ikan Melonjak

SUMENEP – Harga Ikan Melonjak

Hasil tangkapan nelayan  saat ini sangat melimpah. Nelayan Pelabuhan Kasongsongan Sumenep Jawa Timur dalam dua pekan ini sedang panen ikan tongkol,  layang dan selar serta berbagai jenis ikan lainnya.

Ikan – ikan hasil tangkapan tersebut langsung diburu para pedagang atau tungkalak ikan yang biasa mangkal di Pelabuhan Kasongsongan.

Para nelayan membawa pulang hasil tangapan berupa ikan tongkol, layang serta ikan selar sebanyak 5 ton.

Tongkol yang berukurang sedang tersebut masih dalam kondisi segar, dijual kepada pedagang atau tungkulak dengan harga perbasket rp 120.000 hingga 150.000.

Selain tengkulak, warga juga membeli dengan harga eceran sebesar ri 12.000 sampai 15.000 perkilo gram. Harga ikan tongkol sedikit lebih mahal dibanding dengan ikan selar.

Tidak sampai siang, ikan hasil tangkap nelayan tersebut ludes terjual kepada pedagang lokal.

Selain itu, juga dijual ke pabrik pengolahan dan pengalengan ikan dikawasan Banyuwangi Jawa Timur.

Hasil tangkapan melimpah juga disampaikan kepala upt. Ppp kasongsongan chaoirul huda  ikan yang berhasil tertangkap oleh para nelayan diantaranya tokol, layang serta ikan selar.

Bahkan harganya pun sangat fantastik sekali, perbasket saja bisa laku terjual dengan harga rp 120.000 sampai 150.000.

Padahal perbasket berisi 12 killo gram , hingga jika dijual eceran perkilo mencapai harga rp 12.000 sampai 15.000. Panen ikan ini diperkirakan puncaknya pada bulan agustus mendatang.pada saat ini harga ikan tersebut cenderung akan semakin mahal.