fbpx
Connect with us

Berita

Sumenep – Guru Dan Seniman Lestarikan Budaya Macopat Hingga Pecahkan Rekor Dunia

Diterbitkan

pada

Sumenep – Guru Dan Seniman Lestarikan Budaya Macopat Hingga Pecahkan Rekor Dunia

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional sejumlah guru dan puluhan seniman macopat di Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur melakukan kolaborasi membaca macapat nonstop selama 75 jam. Selain untuk melestarikan budaya pada anak didik kegiatan ini juga untuk  memecahkan rekor membaca macapat terlama di dunia dan tercatat dalam Lembaga Prestasi Indonesia Dunia atau LEBDRID.

Bertempat di Gedung Ki Hajar Dewantara puluhan guru dan seniman macapat di Kabupaten Sumenep jawa timur menggelar macapat selama 75 jam nonstop yang digelar oleh Dinas Pendidikan setempat  durasi 75 jam pagelaran macapat ini disamakan dengan peringatan Hari Guru ke 75 tahun.

Kolaborasi guru dan seniman macapat ini terbagi dalam 13 kelompok macapat yang secara marathon menggelar macapat selama 75 jam nonstop sejak tanggal 22 sampai 25 November 2020.

Pagelaran macapat terlama di dunia ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional ke 75 tahun, di samping itu untuk melestarikan tradisi yang ada di masyarakat.

Ketua Lebrid Pusat Paulus pangka menerangkan pegelaran macapat ini tercatat dalam Lembaga Prestasi Indonesia Dunia atau LEBRID dengan kategori pagelaran macapat terlama di dunia selama 75 jam nonstop. LEBRID mengaku juga berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Sumenep khususnya Dinas Pendidikan yang telah ikut andil melestarikan budaya nusantara.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Sumenep Carto  berharap pagelaran ini mampu melahirkan generasi muda yang berminat dan bisa menekuni tembang macapat dengan baik dan benar. Menurutnya kesenian ini mulai tidak digandrungi oleh generasi muda sehingga ke depan bisa ada kolaborasi antara generasi muda dan tua untuk tetap melestarikan tembang macapat ini.

download madu tv di playstore

Continue Reading
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Radio MDSFM

Madu TV Channel

Linked Media

%d blogger menyukai ini: