Sumatera Utara – Seorang Lansia Nias Selatan Hidup dan Tinggal di Gubuk Sendirian

144

Sumatera Utara – Seorang Lansia Nias Selatan Hidup dan Tinggal di Gubuk Sendirian

Seorang lansia berusia sekitar 58 tahun di  Nias Selatan hidup dan tinggal di gubuk sendirian. Tinggal di Desa Bawozaua Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara. Seorang lansia itu atas nama Rasitina Duha  yang menempati gubuk selama 3 tahun lebih lamanya. Sedihnya lagi, pernah dia usulkan rumah rehab tahun 2016 sampai sekarang tidak ada hasil. Rasitina Duha sangat mengharapkan uluran tangan pemerintah setempat dalam kondisinya sekarang. Karena tempat tinggal sering banjir ketika hujan besar.

Dalam kondisi yang memprihatinkan, Rasitina Duha hidup sendiri. Ia tidak pernah mendapatkan bantuan BLT, PKH, BST atau bantuan dari pemerintah Daerah maupun pemerintah pusat.Tidak pernah menerima bantuan selama ia tinggal di gubuk yang memang tidak layak huni selama 3 tahun.

Ketika itu ia sehat dan masih bisa beraktivitas. Selalu mengharapkan bantuan dari tetangga, Rasitina Duha mengalami sakit-sakitan hingga akhirnya ia kesulitan mencari biaya hidup. Kadang dia termenung melihat ekonominya kurang mampu. Rasitina duha adalah salah satu keluarga yang tidak pernah menerima bantuan padahal banyak bantuan yang pemerintah luncurkan. Ia hanya berserah dan menerima kenyataan .

Rasitina duha masih bergantung pada kebaikan hati kerabat dan tetangga. Sesekali komunitas atau organisasi amal juga memberikan bantuan. Pada usia senjanya, Rasitina Duha merindukan tempat tinggal dan pengobatan yang layak. Agar ia bisa menjalani hari dengan tenang dan damai.