Beranda Berita Struktur Bata Kuno Diduga Bangunan Candi Ditemukan

Struktur Bata Kuno Diduga Bangunan Candi Ditemukan

144
0

Struktur Bata Kuno Diduga Bangunan Candi Ditemukan

Di Areal Persawahan Sementara itu, struktur batu bata merah kuno ditemukan warga bersama komunitas peduli benda purbakala, damar panuluh nusantara, di kabupaten kediri.
Temuan tersebut diduga merupakan sebuah bangunan Candi Abad 10 yang terletak di lahan persawahan milik warga. Menurut cerita yang berkembang dari tempat ini di waktu tertentu kerap kali mengeluarkan suara suara gemelan dan gong. Struktur bata kuno yang diduga bangunan candi ini ditemukan oleh warga di Bumirejo Krecek, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri. Lokasinya tepat berada di tengah lahan persawahan milik Dwi Peni Muafatin warga setempat, yang berbatasan langsung dengan plumpungrejo, desa Karangtengah Kandangan. Struktur bangunan batu bata merah ini, sebelumnya oleh warga diduga bangunan kuno peninggalan belanda, yang oleh warga setempat dikenal sebadai putuk gong.
Cerita yang berkembang dari tempat ini waktu tertentu warga kerap mendengar suara suara musik gemelan dan gong. Tempat ini pun dikenal angker sehingga tidak satupun warga berani mendekat. Dari cerita tersebut sebuah komunitas pedili benda purbakala, damar panuluh nusantara, melakukan penggalian, dan ditemukanlah sebuah struktur batu bata merah yang mirip dengan penemuan di sejumlah situs di kabupaten kediri. Diperkirakan bangunan tersebut sebuah candi dengan panjang 10 meter dengan lebar 8 meter, yang merupakan peninggalan jaman kerajaan pada abad 10 hingga 12. Lebih lanjut menurut riyanto, bangunan tersebut sebetulnya telah diketahui warga sejak tahun 1996 lalu, namun warga tidak mengetahui jika terdapat struktur bangunan candi. Pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas terkait dan bpcb trowulan, dan dalam waktu dekat akan dilakukan penelitian untuk memastikan struktur bangunan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 + 2 =