SOLAR CELL SOLUSI CEGAH HAMA

258

Mahalnya biaya serta kurang ramahnya pestisida dalam membasmi HAMA, membuat kelompok tani di Desa Bobang Kab Kediri berinovasi dengan membuat solar cell.

Dua kelompok tani yang berada di Dusun Kembangan Desa Bobang Kecamatan Semen Kab Kediri, membuat terobosan Pembasmi Hama dilahan pertanian dengan menggunakan teknologi tepat guna, alat perangkat menggunakan tenaga surya. Dua kelompok tani yang bernama sri sedono dan margo mulyo, membuat alat tepat guna pembasmi hama dengan solar cell.

Solar cell yang digunakan dalam pembasmian hama, selain murah bisa menekan kost biaya pengeluaran, jika dibandingkan menggunakan PESTISIDA. Dengan solar cell, hanya perlu mengeluarkan biaya pembuatan setiap unitnya sebesar rp 150 ribu, dengan ketahan hingga 6 jam lamanya. Selain itu, dengan menggunakan solar cell dalam pembasmian hama, bisa ramah lingkungan.

 

Petugas penyuluh lapangan pertanian, kecamatan semen, mohamad soleh nugroho pribadi, menjelaskan, satu solar cell bisa digunakan lahan pertanian seluas 200 sampai 300 meter persegi. Sistem solar cell dalam pembuatannya menggunakan lampu led yang berwarna violed, sehingga serangga bisa tertarik untuk mendekati sumber cahaya.