Beranda Berita Siswi Madrasah Aliyah manfaatkan bonggol batang pisang dijadikan olahan camilan yang lezat

Siswi Madrasah Aliyah manfaatkan bonggol batang pisang dijadikan olahan camilan yang lezat

61
0

Pangkal batang, atau bonggol pisang, setelah di ambil buahnya, dan dibiarkan begitu saja, dimanfaatkan oleh siswi Madrasah Aliyah Negeri Satu Tulungagung, Jawa Timur, menjadi olahan camilan dengan cita rasa yang lezat. Hasil kreativitas ini, kini tengah diikutsertakan dalam ajang karya ilmiah remaja tingkat provinsi jawa timur, dan juga diharapkan dapat menjadi produksi pangan baru, untuk dikomersilkan.
Tanaman pisang yang hampir banyak dijumpai dipekarangan warga, setelah di ambil buahnya, sudah barang tentu batang yang tersisa, dibiarkan begitu saja, tanpa ada manfaatnya lagi. Namun di tangan kreatif tiga siswi Madrasah Aliyah Negeri Satu Tulungagung, Jawa Timur, bonggol batang pisang dimanfaatkan menjadi olahan camilan bernilai ekonomis, dan mengandung karbohidrat yang cukup tinggi.
Kreativitas mengolah bonggol pisang, yang diikutsertakan dalam ajang karya ilmiah remaja tingkat Provinsi Jawa Timur ini, cara mengolahnyapun tidak terlalu sulit, hanya membutuhkan ketelatenan dari satu tahapan memilih bonggol batang pisang hingga memberikan aneka cita rasa.
Tim karya ilmiah remaja Man Satu Tulungagung ini, merupakan siswa kelas 12 jurusan matematika dan Ipa unggulan, yang terdiri dari Vanisha Amelia Riania, Latifatul Fadhilah, dan Niken Ariningtyas, juga melukan uji laboratorium kandungan yang terdapat dalam bonggol pisang, agar aman dan bermanfaat, saat di konsumsi manusia.
Olahan camilan bonggol pisang, yang mereka namai tera bonggol pisang ini, didalammnya banyak mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, karena setiap 100 gram bonggol pisang, mengandung 11 koma 6 gram karbohidrat. Sehingga camilan tera bonggol pisang ini, dapat menjadi sebagai bahan alternatif pengganti nasi, apalagi camilan baru ini,sengaja di buat tidak renyah, untuk mempertahankan kandungan seratnya.
Dari hasil percobaan yang dilakukan oleh tiga siswi Man Satu Tulungagung ini, pihak sekolahpun mengapresiasi kerja keras tiga siswanya tersebut. Apalagi Madrasah Aliyah ini, merupakan Madrasah yang berbasis riset, sehingga setiap siswa secara perorangan maupun kelompok, di tuntut untuk melakukan sebuah kajian maupun penelitian, dan hasilnya dapat bermanfaat bagi masyarakat.
Meski hasil percobaan camilan bonggol pisang ini,sudah aman dikonsumsi manusia. Namun masih terus dilakukan penyempurnaan, sehingga layak untuk dijadikan camilan komersial, dapat dijadikan sumber pendapatan baru di kalangan masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here