Shalahuddin Siregar, Sang Sutradara Film Pesantren yang Akan Tayang di Bioskop Online

396

Jakarta, 19 Mei 2023 – Kesabaran penantian yang panjang akhirnya berbuah manis, film Pesantren siap meramaikan layar lebar. Berita gembira bagi para pecinta film Indonesia, Pesantren akan mengadakan premiere penayangannya di Bioskop Online, mulai 24 Mei 2023 mendatang. Film ini adalah ciptaan yang dipersembahkan oleh sutradara Indonesia, Shalahuddin Siregar, yang akrab dipanggil Udin.

Dikenal dengan kepiawaiannya dalam menggarap film dokumenter, Udin bukanlah seorang sutradara biasa. Meski berlatar belakang akuntan, Shalahuddin Siregar berhasil membuktikan kecintaannya dalam dunia perfilman. Dengan semangat dan tekad, ia aktif mengikuti berbagai lokakarya seperti Berlinale Talents, IDFA Academy, dan Tokyo Talents. Dengan pengalaman yang mumpuni, Udin telah menyutradarai dan memproduksi tiga film dokumenter panjang yang berhasil diputar di festival internasional termasuk International Documentary Film Festival Amsterdam (IDFA) dan Dok-Leipzig.

Salah satu film dokumenternya yang paling menggugah hati adalah Negeri di Bawah Kabut. Rilis pada 2011, film ini menceritakan perjuangan keras para petani di Desa Genikan, yang berada di kaki Gunung Merbabu. Dalam filmnya, Udin mengajak penonton untuk merasakan langsung kehidupan petani yang harus menghancurkan hasil panen sayur kubisnya sendiri karena harga jual yang terjatuh hanya Rp 150 per kilogram. Film ini sukses meraih penghargaan Muhr Asia Africa Special Jury Prize, Dubai International Film Festival untuk kategori film dokumenter dan beberapa penghargaan lainnya di Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2012.

Karya-karya Udin tidak berhenti di situ. Lagu untuk Anakku adalah film dokumenter lainnya yang menceritakan perjuangan para penyintas tragedi 1965. Film ini berhasil menggambarkan harapan dan kekuatan dalam setiap lirik lagu yang diciptakan oleh para penyintas di dalam penjara. Film ini memberikan pengingat bagi kita semua untuk selalu ingat dan menghargai sejarah.

Shalahuddin Siregar, Sang Sutradara Film Pesantren yang Akan Tayang di Bioskop Online
Shalahuddin Siregar, Sang Sutradara Film Pesantren yang Akan Tayang di Bioskop Online

Shalahuddin Siregar juga terkenal melalui film antologi Lima yang mengisahkan tentang Pancasila. Bersama para aktor dan aktris ternama, film Lima berhasil mencuri perhatian publik dengan kisah-kisah yang relevan dengan realitas sosial dan budaya di Indonesia.

Namun, tak lengkap rasanya jika tidak menyaksikan film Pesantren. Film ini merupakan karya istimewa dari Shalahuddin Siregar. Alasan dibalik terciptanya film ini adalah pengalaman sang sutradara saat mengerjakan film Negeri di Bawah Kabut. “Saya terganggu dengan stigma negatif terhadap pesantren. Oleh karena itu, saya membuat film ini untuk mencari tahu dan memahami kehidupan sebenarnya di pesantren,” ungkap Udin.

Pesantren Pondok Kebon Jambu di Cirebon menjadi latar belakang dalam film ini. Uniknya, pesantren ini dipimpin oleh perempuan, suatu hal yang jarang ditemukan. Film ini mampu memberikan sudut pandang baru tentang kehidupan di pesantren dengan nilai-nilai kesetaraan gender dan toleransi.

Film Pesantren telah mendapatkan sambutan hangat dan berhasil dipilih di kompetisi XXI Asiatica Film Festival 2020 dan International Documentary Film Festival Amsterdam (IDFA) 2019. Film ini juga telah tayang di Madani International Film Festival dan sempat ditayangkan di The University of British Columbia pada Maret 2022.

Jangan lewatkan penayangan premiere film Pesantren di Bioskop Online. Dengan membeli tiket film Pesantren seharga Rp 15.000,- Anda juga berkontribusi untuk berbagi, karena sebagian dari setiap pembelian tiket akan didonasikan ke Rumah Zakat. Anda dapat membeli tiket melalui situs www.bioskoponline.com atau melalui aplikasi Bioskop Online.

Mari saksikan dan rasakan sendiri kehidupan pesantren melalui film Pesantren. Sebuah film yang penuh dengan harapan dan mengajarkan nilai-nilai baik bagi penontonnya.

*****
TENTANG BIOSKOP ONLINE
Bioskop Online adalah sebuah layanan TVOD (Transaction Video On Demand) yang menawarkan kurasi film dari berbagai produser film lokal dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp 5.000,- dan masa sewa selama 48 jam. Konten-konten di Bioskop Online terdiri dari antara lain film panjang, konten original dengan durasi mid-feature, dan special show.
KONTAK
Website : www.bioskoponline.com
Instagram : @bioskoponlineid
Twitter : @bioskoponlineid
Media Relation & Partnership
publicist.goodwork@gmail.com