Connect with us

Jawa Timur

September 2021, Kota Malang Deflasi 0,02 Persen

Diterbitkan

pada

Jawa Timur –  Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Kota Malang pada September 2021 mengalami deflasi sebesar 0,02 persen. Hal ini salah satunya merupakan pengaruh turunnya harga telur ayam. Kepala BPS Kota Malang, Erny Fatma Setyoharini, mengatakan, penurunan harga telur ayam ras menjadi andil terbesar terhadap deflasi di Kota Malang. Hal itu selain tempe dan bawang merah.
“Telur ayam ras haganya terus mengalami penurunan sebesar 11,96 persen, dengan andil terhadap deflasi sebesar 0,06 persen,” tutur Erny, dalam rilisnya, Senin (03/10/2021).
Menurut Erny, komoditas lain yang turut menekan deflasi Kota Malang pada September 2021 adalah penurunan harga tempe sebesar 10,11 persen. Dengan andil 0,06 persen. Cabai rawit turun 28,17 persen, dengan andil 0,04 persen.
Di samping itu, bawang merah turun 9,57 persen, memberikan andil terhadap deflasi sebesar 0,02 persen. Sementara komoditas yang mengalami inflasi di antaranya, biaya perguruan tinggi naik 1,18 persen dan memberikan andil 0,04 persen.
Selanjutnya harga mobil juga mengalami kenaikan 1,78 persen, dengan andil 0,03 persen. Angkutan udara naik 2,37 persen, dengan andil 0,03 persen. Minyak goreng naik 1,85 persen dengan andil 0,02 persen. Rokok putih naik 3,03 persen, dengan andil 0,01 persen.”Tarif kendaraan roda dua naik 4,44 persen, dan memberikan andil sebesar 0,01 persen.
Tampak dari kelompok pengeluaran, deflasi terdorong oleh kelompok pengeluaran makanan, minuman, dan tembakau sebesar 0,85 persen. Kelompok kesehatan sebesar 0,04 persen dan kelompok rekreasi, olahraga, serta budaya 0,02 persen.
Untuk kelompok yang mengalami inflasi, di antaranya, transportasi 0,58 persen, pendidikan 0,52 persen, perlengkapan, peralatan pemeliharaan rutin rumah tangga 0,41 persen, perawatan pribadi 0,36 persen, dan pakaian serta alas kaki sebesar 0,12 persen.
Kata Erny bahwa sepanjang 2021, inflasi Kota Malang berada pada angka paling rendah dibandingkan dua tahun sebelumnya. Tercatat, pada 2019, inflasi Year on Year (YoY) pada September sebesar 2,81 persen, dan 1,22 persen pada 2020.
“Pada 2021, inflasi YoY sebesar 1,15 persen. Tahun 2021, cenderung stabil rendah, dan terendah dibanding dua tahun sebelumnya,” ungkapnya
Di Jawa Timur, pada September 2021, dari delapan kota Indeks Harga Konsumen (IHK) seluruhnya mengalami deflasi. Deflasi tertinggi terjadi di Kabupaten Banyuwangi sebesar 0,16 persen, dan terendah di Kota Malang sebesar 0,02 persen. (ryo/s)
Continue Reading
Advertisement

Jawa Timur

Terjun di Zona Merah, Tim Gabungan BPBD Kediri Berhasil Evakuasi Korban

Diterbitkan

pada

Sumber : Hasil tangkap layar Youtube Redaksi Madu TV

Lumajang – Tim Gabungan Relawan BPBD Kota Kediri diterjunkan di zona merah pasca erupsi Gunung Semeru di Lumajang. Sebelum keberangkatan, tim menggelar apel pemberangkatan tim SAR penyisiran dan evakuasi korban erupsi Gunung Semeru Senin (6/12) di lapangan Desa Sumberwuluh. Tim SAR gabungan terdiri dari TNI, POLRI dan Relawan.

Pencarian korban difokuskan di zona merah Gladak Perak yang mengalami kerusakan paling parah. Di mana jembatan putus dan jalan tertutup material longsoran letusan.

Basarnas memberikan tugas kepada Tim Gabungan Relawan BPBD Kota untuk melakukan proses evakuasi di ring zona merah Gladak Perak karena daerah tersebut rawan luncuran lahar dingin awan panas dan longsoran material letusan.

Ketua DPD PEKAT IB, Roy Kurnia Irawan mengatakan, mereka melakukan proses evakuasi di zona merah. Setelah sampai di lokasi, tim langsung melakukan proses penyisiran dari rumah ke rumah mencari korban yang mungkin belum sempat mengungsi.

Namun, tiba-tiba terjadi luncuran lahar dingin dan awan panas disertai bau belerang. Usai tim melakukan koordinasi dengan Ketua FPRB, Joko/Aji, tim memutuskan membawa sekitar 20 warga (lansia, wanita dan balita) untuk kembali ke posko pengungsi.

Selama dua hari di zona merah tim berhasil mengevakuasi sekitar 30 warga dengan menggunakan ambulance dan mobil evakuasi milik BPBD. (red)

Continue Reading

MaduTV on Facebook

 

TV DIGITAL MADU TV

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

Trending

%d blogger menyukai ini: