Beranda Regional Malang Sensus Penduduk 2020 Menggunakan Metode Online

Sensus Penduduk 2020 Menggunakan Metode Online

40
0

Sensus Penduduk 2020 Menggunakan Metode Online

Sensus penduduk yang dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali akan kembali digelar pada 2020 mendatang. Bedanya tahun ini sensus pennduduk akan dilaksanakan menggunakan metode secara online sehingga tak perlu lagi ada petugas yang melakukan sesnsus satu persatu ke rumah warga.

Di kota Malang sendiri, sensus penduduk menggunakan metode online ditargetkan bis melampaui angka nasional.

Badan Pusat Statistik, atau BPS Kota Malang tengah bersiap untuk kembali melaksanakan sensus penduduk pada tahun 2020 mendatang.

Menariknya metode yang akan digunakan pada sensus penduduk kali ini menggunakan metode online yang jelas berbeda dari sensus sebelumnya. Dimana tidak ada lagi petugas yang secara dor to dor menyambangi masing-masing rumah warga untuk mendapatkan data.

Kepala BPS kota Malang, Sunaryo mengungkapkan bahwa sp 2020 akan menggunakan metode kombinasi, yakni memadukan antara data kependudukan dan Catatan Sipil ,Dukcapil, sebagai sumber data utama dengan dipadukan sensus mandiri yang dilakukan oleh masyarakat.

Sementara melalui metode online ini masyarakat bisa memanfaatkan handphone berbasis android ataupun layanan internet yang terhubung ke website SP 2020.
Disisi lain penggunaan metode onkine dinilai lebih hemat pembiayaan.

Sunaryo menambahkan bahwa sebagai kota pendidikan, angka partisipasi masyarakat di Kota Malang diharapkan sangat tinggi. Targetnya diharapkan di atas nasional. Nasional sendiri di sekitar 20-30 persen rata-rata kabupaten kota.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 4 = 6