Sebuah Rumah Ludes Terbakar, Sebanyak Delapan Orang Harus Kehilangan Tempat Tinggalnya

81

Makassar – Dalam sebuah peristiwa yang tragis namun penuh keberanian, satu unit rumah di Jalan Manunggal 31, Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, telah ludes terbakar pada Kamis sore, tanggal 21 September 2023, sekitar pukul 18:00 WITA. Meskipun kebakaran itu telah merenggut tempat tinggal dua keluarga yang terdiri dari delapan orang, namun sinar kepedulian dan upaya penyelamatan yang cepat dari berbagai pihak telah menjadi sorotan dalam peristiwa ini.

Kepala Bidang Operasi Dinas Pemadam Kebakaran (DAMKAR) Makassar, Cakrawala, dalam keterangannya menyebutkan bahwa pihaknya menerima informasi tentang kebakaran tersebut sekitar pukul 18:15 WITA. Dengan sigap, DAMKAR Makassar segera menggerakkan delapan armada dan melibatkan 50 personel pemadam kebakaran, serta satu unit mobil rescue untuk menjalankan operasi penyelamatan.

Menurut Saddam Musa, Lurah Maccini Sombala, saat kejadian, ada satu balita dan satu lansia yang tengah dilakukan proses evakuasi ke rumah warga lainnya. Upaya pengungsian ini dilakukan untuk memastikan keselamatan warga yang terdampak kebakaran.

Kebakaran ini diduga disebabkan oleh arus pendek listrik yang berasal dari dalam rumah tersebut. Kondisi rumah yang banyak mengandung material mudah terbakar memungkinkan api untuk dengan cepat menjalar hingga rumah tersebut ludes terbakar. Namun, berkat kerja keras dan koordinasi yang baik dari tim pemadam kebakaran, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 19:15 WITA.

Meskipun kehilangan tempat tinggal adalah situasi yang sulit, kisah ini juga menggambarkan bagaimana solidaritas dan keberanian masyarakat dapat bersinar di saat-saat krisis. Semua pihak yang terlibat, termasuk DAMKAR Makassar, Lurah Maccini Sombala, dan warga setempat, telah bersatu untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada keluarga yang terkena dampak.

Pihak berwenang juga diharapkan akan melakukan investigasi lebih lanjut untuk memastikan penyebab pasti kebakaran ini, sehingga langkah-langkah pencegahan yang tepat dapat diambil untuk mencegah kejadian serupa di masa depan.

Di tengah tragedi ini, semangat gotong royong dan keberanian untuk membantu sesama menjadi cahaya harapan yang memancar. Dengan bersatu, kita dapat mengatasi cobaan apapun yang mungkin datang, dan membantu mereka yang membutuhkan untuk bangkit kembali.