MALANG – Sebuah Jasa Wisata Tawarkan Rute Menantang Bersepeda Bagi Pemula  Dengan Kenalkan Lokasi Wisata Alam Kali Cemplong 

MALANG – Sebuah Jasa Wisata Tawarkan Rute Menantang Bersepeda Bagi Pemula  Dengan Kenalkan Lokasi Wisata Alam Kali Cemplong

Masa pandemi covid 19 tahun 2020 ini, banyak memunculkan kebiasaan dan tren baru ditengah warga. Salah satu yang paling banyak menarik minat adalah, bersepeda. Memanfaatkan kondisi ini, seorang pemuda di Kabupaten Malang, menangkap peluang bisnis baru, dengan menawarkan konsep bersepeda santai, melalui perkampungan padat penduduk dan bantaran sungai.

Di wilayah Malang Raya, hobi bersepeda ini, mulai marak sejak kebijakan pembatasan sosial berskala besar dipilih pemerintah daerah, dalam mencegah terjadinya penularan virus corona, di masa pandemi. Tak hanya mereka yang sudah terbiasa dnegan olahraga bersepeda angin, namun tren ini juga menarik perhatian para pemula.

Jenis sepeda yang digunakan pun beragam, mulai dari sepeda gunung, sepeda balap, sepeda lipat hingga bergaya minion, tergantung rute yang bakal dijadikan target berkendara bersama keluarga, sahabat dan kolega.

Tren baru inilah, kemudian ditangkap seorang pemuda asal Jabon, Pakis – Kabupaten Malang, sebagai peluang bisnis baru, disamping juga menjadi penyalur hobi lama, yang sempat ia abaikan selama bekerja di bidang perhotelan.

Bermodal sejumlah unit sepeda gunung keluaran terbaru, Hendri Wijaya menawarkan jasa persewaan, termasuk menawarkan paket rute perjalanan perseorangan maupun kelompok, mulai dari trek pegunungan, hutan, kawasan pantai hingga menyusuri bantaran sungai bagi pemula.

Salah satu rute favorit dan banyak menarik minat warga saat ini adalah, rute Kali Cemplong. Berawal dari base camp di Jalan Kapi Woro Gang 3 – Jabon – Pakis – Kabupaten Malang, kelompok yang dipandu seorang pemandu ini, bersepeda menyusuri kawasan padat penduduk di sepanjang Jalan Aspal Raya Sawojajar, Jembatan Kali Bangau, Pasar Bunul, Pandanwangi, hingga Jembatan Kali Sari – Kota Malang.

Perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri jalan setapak berdebu, yang berseberangan langsung dengan saluran irigasi dan Sungai Metro, serta membelah rimbunnya hutan bambu dan perkebunan warga.

Di salah satu titik di barat daerah Jabon Gang 1 hingga 5, para pesepeda dapat memanfaatkan sebuah lokasi wisata baru, bernama Kali Cemplong. Deretan warung milik warga dan karang taruna setempat, menjajakan sejumlah panganan dan minuman, yang dapat dinikmati sambil melepas penat.

Sejumlah spot buatan dari bambu dan kebun bunga karya warga, dapat dimanfaatkan sebagai latar berswafoto. Tidak ada tiket masuk yang diwajibkan untuk menikmati lokasi wisata yang mulai dikenal ini. Hanya saja, disejumlah titik disediakan kotak sumbagan sukarela, bagi pengembangan sarana dan prasarana pendukung wisata alam tersebut.

Bagi para pemula, rute yang ditawarkan ini, mampu memberikan pilihan lain dari cara berwisata sambil berolahraga, tanpa harus mengeluarkan biaya mahal untuk menikmatinya.

Meski terbilang masih baru, bersepeda sambil berwisata alam ini, mulai banyak dilirik warga. Demi memenuhi banyaknya keinginan pengunjung, pihak pengelola memberikan beragam rute bersepeda di Kali Cemplong, mulai dari rute terpendek 6 kilometer, hingga rute terpanjang antara 15 hingga 20 kilometer.

Jika anda tertarik menyalurkan hobi bersepeda sekaligus berwisata alam secara bersamaan, Wisata Kali Cemplong – Jabon – Pakis – Kabupaten Malang ini mungkin saja dapat menajdi pilihan, di liburan akhir pekan terdekat.