Sayyidi Syekh Dr. Muhammad bin Ali Ba’atiyah menekankan; Urgensi Meneladani Akhlak Rasulullah dalam Safari Dakwahya di YPP Darussalam al-Kubro di Desa Moyot-Sakra, Lombok Timur, NTB

64

LOMBOK TIMUR – Setelah menyelesaikan rentetan safari dakwahnya di regional Jawa Barat, Sayyidi Syekh Dr. Muhammad bin Ali Ba’atiyah pun bertolak ke bagian tengah Indonesia, tepatnya daerah Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Tepat hari Kamis (10/11/2022), beliau telah mendarat di BIL (Bandara Internasional Lombok) sebelum dhuhur, guna menghadiri acara Tabligh Akbar yang akan bertempat di YPP Darussalam al-Kubro (Majelis Agung Yadaro) di Desa Moyot-Sakra, Lombok Timur, NTB, yang diasuh oleh TGM. H. Yahya Ibrahim Saleh al-Madani, M.Hi.

Sesampainya di Pondok Yadaro, di sore harinya riuh gembira yang dibarengi lantunan sholawat dari pengasuh pesantren, jajaran asatidz, perangkat desa, beserta para santriwan/wati, dan jamaah hadirin sekitar pun mengiringi kedatangan Sayyidi Syekh Dr. Muhammad bin Ali Ba’atiyah hingga mempersilahkan beliau ke tempat acara yaitu; Gedung Auditorium YPP Yadaro.

Mula-mula acara dibuka dengan sambutan pengasuh Pesantren YPP Yadaro – TGM. H. Yahya Ibrahim Saleh al-Madani, M.Hi. – dalam sambutannya beliau menyampaikan tujuan datangnya Sayyidi Syekh Muhammad Ba’atiyah ke Lombok Timur hanyalah ingin berjumpa masyarakat Lombok dan para santri-santrinya. Serta beliau berharap hubungan yang terjalin semakin baik, antara YPP Yadaro dan Univ. Imam Syafii-Hadramaut yang direfleksikan dengan semakin banyaknya alumnus YPP Yadaro yang berangkat ‘tuk meraup ilmu di kampus tersebut.

Selanjutnya, pengasuh pesantren pun mempersilahkan Sayyidi Syekh Dr. Muhammad bin Ali Ba’atiyah untuk menyampaikan tausiyahnya.

Dalam tausiyahnya yang diterjemahkan oleh Ust. Ahyaul Azmi (Alumnus Univ. Al-Ahgaff, Tarim-Hadramaut). Sayyidi Syekh Dr. Muhammad bin Ali Ba’atiyah menyampaikan beberapa poin penting, yaitu:

  1. Menekankan pada seluruh pemuda/i untuk selalu meniru akhlak-moral dari Rasulullah, serta memperingatkan mereka agar tidak tertipu dan meniru adat-budaya menyimpang yang jauh dari nilai-nilai kemoralan.
  2. Mengajak jamaah untuk selalu bersyukur atas kenikmatan menjadi umat Rasulullah, dan mengimplementasikan substansi syukur dengan melakukan segala perbuatan dan amal baik yang dapat membahagiakan Rasulullah.
  3. Memotivasi para pemuda/i untuk memperdalam ilmu agama terutama mempelajari ilmu Sirah dan jalan hidup Rasulullah, karena hal tersebut mampu meningkatkan dorongan untuk hijrah dan berubah ke arah yang baik.

Acara pun diakhiri dengan doa yang disampaikan Sayyidi Syekh Dr. Muhammad bin Ali Ba’atiyah dan ramah-tamah dengan seluruh jajaran pengasuh, tokoh ulama, para santri, dan jamaah sekitar. Acara pun berakhir dengan rasa bahagia dan senang masyarakat Lombok Timur atas kedatangan beliau. Beliau pun harus beristirahat guna menjalani Safari Dakwah berikutnya di kawasan Regional Lombok hari esok dan 5 hari mendatang. (MFS).