Satpol PP Kabupaten Blitar Gelar Operasi Penegakan Protokol Kesehatan di Wilayah Bagian Selatan

Blitar – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Blitar terus menggencarkan operasi yustisi penegakan protokol kesehatan (Prokes) COVID-19 di sejumlah wilayah. Kali ini, petugas Satpol PP menggelar razia di Desa Gawang Kecamatan Wonotirto pada Selasa (03/11/2020).

Kasi Penyuluhan dan Dokementasi Hukum Bidang Penegak Perda, Satpol PP Kabupaten Blitar, Supriadi mengatakan, kegiatan operasi yustisi kedepannya terus ditingkatkan sesuai anjuran dari Pergup No 53 Tahun 2020 dan Perbup No 40 Tahun 2020. Sehingga, siapapun yang melanggar Prokes COVID-19 akan dikenakan sanksi oleh petugas.

“Berdasarkan petunjuk teknis, operasi yustisi di Kabupaten Blitar akan terus digelar kedepannya. Dimana adanya penertiban ini, masyarakat semakin peduli dan disiplin menerapkan protokol kesehatan di setiap aktivitas sehari – hari,” tuturnya.

Dijelaskannya, untuk saat ini masyarakat yang terjaring operasi diberikan sanksi sosial berupa menghafal teks Pancasila dan dilakukan pendataan. Ia berharap masyarakat Kabupaten Blitar semakin proaktif terhadap penerapan Prokes di berbagai aktivitas, terlebih saat berada diluar rumah.

“Pokoknya bagi siapapun yang terjaring razia yustisi akan kami kenakan sanksi. Namun saat ini sanksinya sesusi dengan Perbup Nomor 40 Tahun 2020 yakni berupa menghafal teks pancasila,” imbuhnya.

Supriadi menambahkan, agenda operasi penegakan Prokes COVID-19 akan menyasar keseluruh wilayah Kabupaten Blitar. Apabila ditemukan warga yang lupa dan mengenakan masker dengan sempurna, secara otomatis diberikan pembinaan. (SK)