Sambut HUT Kemerdekaan RI ke 78 gelar Berbagai Lomba di Lereng Pegunungan Argopuro

100

PROBOLINGGO – Kemeriahan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 diwarnai dengan berbagai perlombaan yang unik di wilayah Probolinggo, Jawa Timur. Salah satu yang menarik perhatian adalah lomba lari kelinci dan lomba estafet terong, yang menjadi sorotan dalam acara tersebut.

Desa Alaspandan, Kecamatan Pakuniran, menjadi saksi dari berbagai perayaan yang digelar untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan. Dalam suasana yang penuh semangat, masyarakat dari empat dusun yaitu Dusun Petemon, Dusun Moging, Dusun Engas, serta anggota Karang Taruna desa, ikut berpartisipasi dalam beragam perlombaan yang diadakan.

Salah satu daya tarik utama adalah lomba lari kelinci, di mana anak-anak desa mengenakan kain sarung saku dan helm yang terikat seperti seekor kelinci. Perlombaan ini mengundang tawa dan sorak riuh, membuktikan semangat kompetitif dan keceriaan peserta yang tampil dengan semangat tinggi.

Sementara itu, lomba estafet terong menjadi atraksi yang benar-benar unik. Para peserta, termasuk kaum emak-emak dan pemuda milenial, harus memasukkan bola ke dalam gawang dengan menggunakan terong yang diikatkan di pinggang mereka. Perlombaan ini menghadirkan tantangan dan tawa, serta menjadi perbincangan hangat dalam acara tersebut.

Kepala Desa Alaspandan, Hidayatullah, mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh warga yang turut serta dalam perayaan tersebut. Ia juga menekankan pentingnya menjaga kekompakan dan tali silaturahmi di antara masyarakat sebagai fondasi yang kuat bagi kerukunan.

Hidayatullah berharap bahwa acara-acara seperti ini akan terus dilakukan sebagai bentuk ekspresi kegembiraan dan rasa cinta terhadap tanah air. Suksesnya lomba-lomba tersebut menjadi bukti nyata bahwa semangat kemerdekaan dan gotong-royong masih hidup dalam masyarakat Probolinggo.

Dalam wawancara eksklusif, Hidayatullah menyatakan, “Melalui berbagai perlombaan ini, kami ingin mengungkapkan rasa syukur dan semangat nasionalisme kepada para peserta dan masyarakat umum. Kami berharap semangat ini dapat terus membara dan menginspirasi generasi muda untuk tetap mencintai tanah air.”