Beranda Berita Rumah Jamur Dibekas Lokasi Tambang Batu Kumbung

Rumah Jamur Dibekas Lokasi Tambang Batu Kumbung

147
0

Di Kabupaten Tuban sekelompok pemuda memanfaatkan lahan bekas tambang batu kumbung menjadi rumah jamur. Dengan alasan lokasi tersebut sangatlah cocok untuk dikembangkan budidaya jamur tiram dan perkembangannya sangat pesat karena suhu kelembapan stabil.

Beginilah suasana tempat budidaya jamur tiram yang dikelola pemuda mandiri asal desa kapu kecamatan merakurak Kabupaten Tuban.

Melihat prospek bisnis yang begitu bagus mereka memanfaatkan lokasi bekas tambang batu kumbung yang sudah tidak dipakai menjadi rumah jamur.

Mereka memilih tempat ini karena suhu kelembapannya stabil dibanding di sebuah rumah.

Saat ini mereka menanam lima ribu bibit jamur dan rencana kedepan bekas tambang ini akan dijadikan destinasi rumah jamur.

Menurut Wito ketua pemuda mandiri Desa Kapu, perawatannya tidak begitu sulit, hanya melakukan penyemprotan dengan air yang tidak terlalu basah dan melakukan pengecekan suhu kelembapan.

Usaha yang dilakukan baru satu tahun ini, perhari mereka memanen 20 kilogram, dengan harga perkilo dibandrol Rp. 18.000.

Selain menjual jamur dalam keadaan segar, mereka juga menjual berbagai olahan dari jamur seperti, jamur krispi, jamur bothok dan sate jamur.

Permintaan pasar terhadap kebutuhan jamur di Kabupaten Tuban meningkat, saat ini pemasaran jamur baru lokal tuban.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 83 = 84